Kasdim Wonogiri Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional

.

Kasdim Wonogiri Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Senin, 30 Desember 2019

Wonogiri, bhayangkaraperdana.com - Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, S.Ag., M.Pd., mewakili Dandim Letkol Inf Imron Masyhadi, SE., menghadiri kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2019 dengan tema “ Indonesia Inklusi Disabilitas Unggul “, Senin(30/12).

Laporan Ketua Panitia Penyelenggara Suriningsih, adapun maksud dan tujuan diadakan peringatan HDI ini adalah untuk mengingatkan masyarakat luas tentang keberadaan serta hak para dipabel dan mengingatkan pada dipabel tentang hak dan kewajibannya. Tujuan salah satunya adalah untuk menyegarkan kembali kesadaran, komitmen dan upaya bersama akan misi bersama pergerakan dipabel. Menghilangkan stigma dan diskriminasi negative terhadap keberadaan dipabel. Membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, pemerintah, lembaga social, media maupun lembaga lainnya terhadap keberadaan dan upaya pemenuhan hak dipabel.

Plt. Kepada Dinas Sosial dalam sambutannya menyampaikan Pemda Wonogiri sudah melakukan pendampingan program asisten social bagi penyandang disabiliotas dan bimbingan social bagi keluarga penyandang sakit jiwa, difabel dan [enyakit kronis serta penyantunan bagi difabel dan lanjut usia.

Kurnia Listyarini juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim atas pengikutsertaan Anggota para Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang sejak awal mendampingi kegiatan peringatan HDI, semoga kegiatan dilapangan baik itu oleh Babinsa Dan Bhabinkamtibmas bisa bersama-sama dengan teman-teman difabel untuk melaksanakan kegiatan kemasyarakatan diwilayah masing-masing.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan melalui peringatan ini mari kita perkuat komitmen untuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Kabupaten Wonogiri yang sekaligus untuk menguatkan pilar utama dalam rangka menciptakan masyarakat Wonogiri peduli disabilitas. Peringatan ini sekaligus untuk memperjuangkan kesetaraan penyandang disabilitas disemua bidang.

Pemenuhan hak-hak dipabel tertuang dalam Peraturan Daerah mengenai kesetaraan dan pemberdayaan difabel pada tahun 2013 yang diperkuat dengan peraturan Bupati nomor 72 tahun 2014. Membangun dan memeperjuangkan pemenuhan hak dan menjunjung kesetaraan penyandang disabilitas di Kabupaten Wonogiri diawali dengan verifikasi penyandang yang berjumlah 8.480 jiwa, terpantau pada proses pembuatan e-KTP.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Edi Santosa, Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, S.Ag., M.Pd., Kapolsek Wonogiri Kompol Dirodo, Plt. Kepada Dinas Sosial Kurnia Listyarini, AP., M.Si., Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua TP PKK Kabupaten Wonogiri Ibu Drh. Verawati Joko Sutopo, M.Sc.(ang.s).