Polres Semarang Gelar Giat Simulasi Penanganan Gangguan Malam Pergantian Tahun

.

Polres Semarang Gelar Giat Simulasi Penanganan Gangguan Malam Pergantian Tahun

Minggu, 29 Desember 2019

Ungaran, bhayangkaraperdana.com - Kegiatan Simulasi penanganan gangguan kamtibmas jelang pergantian tahun 2020 oleh jajaran Kepolisian Resor Semarang yang terlibat Operasi Lilin Candi 2019 di laksanakan di lapangan Bung Karno Kalirejo Ungaran, Sabtu (28/12/2019).

Simulasi ini bertujuan untuk melatih kemampuan dan keterampilan personel Polres Semarang dalam menghadapi hal-hal yang tidak di inginkan pada malam pergantian tahun.

Penanganan sesuai dengan tahapan-tahapan dan cara bertindak pada situasi-situasi tertentu yang memerlukan pengamanan dari kepolisian, khususnya jajaran Polres Semarang. Kegiatan simulasi ini juga bertujuan sebagai gambaran jajaran Polres Semarang dalam memberikan perlindungan pengayoman dan melayani terhadap sekelompok masyarakat.

Menurut keterangan Wakapolres Semarang Kompol Hari Sutanto, kegiatan Simulasi  ini untuk menghadapi  situasi kontijensi, bertujuan agar personel yang terlibat dapat memahami maupun memantapkan tugas pokok dan fungsi serta perannya.

Kompol Hari menambahkan inti dari pengamanan ialah mengedepankan langkah preventif serta pelayanan dan pengayoman masyarakat.

"Langkah persuasif lebih penting, namun dalam simulasi ini dilakukan mulai dari langkah prefentif hingga mengantisipasi kemungkinan terburuk agar seluruh jajaran dapat memahami tugas dan fungsinya," terangnya.(bin)