PROGRAM INOVASI DESA PELEMAN MEMANFAATKAN LAHAN KAS DESA UNTUK PENANAMAN POHON MANGGA

.

PROGRAM INOVASI DESA PELEMAN MEMANFAATKAN LAHAN KAS DESA UNTUK PENANAMAN POHON MANGGA

Selasa, 31 Desember 2019

Sragen, bhayangkaraperdana.com -  Babinsa Desa Peleman Serka Suripan melaksanakan penanaman pohon mangga di Dk.Peleman Rt.17 Desa Peleman Kec.Gemolong Kab.Sragen. Senin(30/12/ 2019).

Kades Peleman Rajimin,S.Sos menuturkan tujuan Program Inovasi Desa untuk meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa," Katanya.

Dalam jangka menengah, upaya ini diharapkan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas Desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat dan kemandirian Desa, sesuai dengan arah dan kebijakan dan sasaran.

Untuk bibit mangga yg ditanam 1.200 buah dengan menggunakan anggaran desa sebesar Rp.40.000.000, -.

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) berperan mengawal Dana Desa sekaligus yang mengagas semua kegiatan program inovasi desa tersebut. Sehingga dengan keberadaan tenaga pedamping desa diharapkan kepala desa bisa leluasa berkomunikasi tentang program inovasi desa mana yang akan dilaksanakan di wilayah sesuai dengan kondisi geografisnya," Pungkasnya.

TPID ini semata-mata mengawal penerapan Dana Desa agar memiliki program inovasi desa,yang bisa memberikan manfaat untuk kepentingan masyarakat. Silakan berkonsultasi dengan pedamping desa, mana program inovasi desa sekiranya cocok dengan kondisi lingkungan,” jelas Sekdes Peleman Bambang

Ditempat terpisah pendamping desa Peleman ibu Erythria Nurhayati, S.E mengatakan, " Komoditas mangga juga merupakan kunci ekonomi, biasanya ketika musim mangga tiba, para pengepul sudah mulai menaksir mana tanaman mangga yang akan di beli, biasanya mereka berjalan jalan di sekitaran desa dan menanyakan berapa harga yang pas, jika setuju maka deal pun terjadi dan mangga pun akan di beli oleh para pengepul.

Tugas sebagai pendamping desa I
Adlah,ikut serta dalam hal menggali potensi  yang di desa untuk dikembangkan menjadi sebuah Inovasi yang kreatif sehingga bisa mempunyai nilai dan menunjang kesejahteraan bagi masyarakat Desa dan Desa.

Untuk pendamping desa dan pendamping  lokal desa,selama ini tidak mengalami kesulitan dan kendala dalam mengarahkan Pemerintah Desa, dalam memasukan program inovasi desa ini kedalam Perencanaan dan Penganggaran APBDes tahun berikutnya," pungkasnya(Heri/Suripan)