Antisipasi Banjir Di Musim Penghujan, Babinsa Gerdu Bantu Kerja Bhakti Bersihkan Sungai SWD 1

.

Antisipasi Banjir Di Musim Penghujan, Babinsa Gerdu Bantu Kerja Bhakti Bersihkan Sungai SWD 1

Minggu, 26 Januari 2020
Antisipasi Banjir Di Musim Penghujan, Babinsa Gerdu Bantu Kerja Bhakti Bersihkan Sungai SWD 1


Jepara, bhayangkaraperdana.com – Babinsa desa Gerdu Koramil 04/Pecangaan Kodim 0719/Jepara Kopda Moch Asrof membantu kerja bhakti membersihkan aliran sungai Jembatan SWD 1 Desa Gerdu, Pecangaan, Jepara, Jumat (24/01/2020).

Bersama DPUPR, perangkat desa, Ketua Gapoktan Tani makmur Sarkani beserta anggotanya, warga masyarakat dan mahasiswa KKN Walisongo Semarang membersihkan sungai sepanjang 200 meter.

Saat di temui, Kopda Moch Asrof menyampaikan bahwa, banyaknya sampah yang menumpuk, tumbuhnya pohon enceng Gondok dan rerumputan liar membuat sungai terlihat kotor, dan juga aliran air yang mengalir tersendat oleh onggokan sampah.

“Di bulan Januari ini menurut orang tua dahulu adalah hujannya sehari hari dan untuk mengantisipasi biar tidak terjadi bahaya banjir, mulai dari sekarang kita harus siapkan dan membersihkan aliran sungai SWD 1 ini dari pepohonan liar, enceng Gondok dan rerumputan liar. Apalagi saat hujan deras, air sungai sering meluap ke pemukiman warga. Penyebab utamanya, karena banyak sampah dan tumbuhan yang mengakibatkan pendangkalan di sungai”, ungkapnya.

Di lokasi lain, Plt Danramil 04/Pecangaan Peltu Miyanto menyampaikan bahwa dirinya sudah memerintahkan para Babinsanya untuk bergerak aktif dalam menghadapi musim penghujan. Adakan kerjasama dengan perangkat dan warga untuk melaksanakan pembersihan secara gotong royong, sehingga musibah banjir dapat di antisipasi sejak dini.

Miyanto juga menghimbau seluruh Babinsa untuk mengajak perangkat desa, RT, RW dalam mensosialisasikan akan pentingnya menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah di sungai, yang dapat menyebabkan banjir.

“Seperti hari ini, Babinsa Desa Gerdu melaksanakan kerja bhakti pembersihan sungai, mengeruk sampah rumah tangga dan rerumputan. Semua itu untuk warga desa binaan. Inilah salah satu wujud nyata kemanunggalan TNI dan rakyat. Semoga TNI semakin di cintai rakyat”, pungkasnya. (Denny/afid).