Atap Rumah Roboh, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Bringin Cek Kondisi Rumah Ibu Siti Asiyah

.

Atap Rumah Roboh, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Bringin Cek Kondisi Rumah Ibu Siti Asiyah

Rabu, 08 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com – Rumah roboh akibat terpaan hujan dan angin kencang kembali lagi terjadi di wilayah Kabupaten Jepara. Kali ini rumah milik Ibu Siti Aisyah (56), warga Rt 03/08 Desa Bringin, Batealit, Jepara, Selasa (07/01/2020).

Menurut Siti Aisyah, pemilik rumah, kejadian bermula ketika hujan disertai angin kencang sejak pagi hari membuat atap dan sebagian tembok rumah mengalami kerusakan.

“Kejadiannya sekitar jam 8 nan pak. Atap rumah semuanya rusak. Ada sebagian tembok rumah bagian atas juga yang roboh,” ungkapnya saat ditanya tim pendim Jepara.

Mendengar kabar tersebut, Babinsa Desa Bringin Koramil 03/Batealit Kodim 0719/Jepara Kopka Anang bersama Bhabinkamtibmas segera melakukan pengecekan ke lokasi kejadian.

Setelah dilakukan pengecekan, Babinsa menjelaskan bahwa kemungkinan besar atap roboh disebabkan kayu penyangga gentheng sudah lapuk dan tidak kuat lagi menyangga tekanan air hujan.

“Karena kayu penyangga berkaitan dengan dinding rumah, maka dinding bagian atas juga mengalami kerusakan, karena kemungkinan besar tembok rumah dalam pembuatannya dulu kurang menggunakan semen,” jelasnya.

Kopka Anang menambahkan, pada saat kejadian, sebagian keluarga Ibu Aisyah sedang berada di luar rumah untuk bekerja. Sebagian lagi lari keluar rumah ketika mendengar suara atap akan roboh.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian perkiraannya sekitar 20 jutaan. Dan keluarga korban sementara menempati rumah bagian depan dengan atap seadanya,” imbuh Kopka Anang. (Denny/afid)