Babinsa Bantrung Bantu Bersihkan Saluran Irigasi Warga, Guna Mendukung Swasembada Pangan

.

Babinsa Bantrung Bantu Bersihkan Saluran Irigasi Warga, Guna Mendukung Swasembada Pangan

Minggu, 26 Januari 2020
Jepara, bhayangkaraperdana.com – Babinsa Bantrung Koramil 03/Batealit Serka Ahmad Mustaqim bersama warga desa melaksanakan gotong-royong membersihkan saluran irigasi di area lahan pertanian RT 01/01 Desa Bantrung, Batealit, Jepara, Jumat (24/01/2020).

Di sela-sela gotong royong tersebut, Serka Ahmad Mustaqim menyampaikan kondisi saluran air ini sudah ditumbuhi rumput liar dan lumpur yang mengakibatkan saluran irigasi menjadi dangkal sehingga perlu dilakukan pembersihan untuk kelancaran air irigasi menuju lahan sawah pertanian masyarakat.
“Kita dalamkan lagi saluran irigasi yang menuju ke sawah. Kita juga bersihkan sampah ranting dan daun yang sudah menumpuk di saluran utama, agar nantinya air dapat mengalir dengan lancar,” ungkap Serka Ahmad Mustaqim saat ditemui di lokasi.

Terpisah, Plt Danramil 03/Batealit Pelda Sugiyanto  mengatakan kegiatan yang dilakukan Babinsanya tersebut sebagai bagian dari kegiatan Upsus swasembada pangan seperti yang dicanangkan Pemerintah melalui program Nawacita.

“Hingga hari ini, para Babinsa Koramil 03/Batealit masih terus gencar melaksanakan Upsus dalam rangka mensukseskan progam swasembada pangan yang diharapkan pemerintah,” jelasnya.

Pembersihan saluran air seperti yang dilakukan Babinsa Bantrung merupakan salah satu upaya dalam melancarkan pencapaian swasembada pangan. Selain menumbuhkan kebersamaan antara Babinsa dengan warga, juga untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat, tandas Pelda Sugiyanto. (Denny/afid).