Babinsa Bapangan Dampingi Roadshow Pelayanan Posyandu Balita Puskesmas Jepara

.

Babinsa Bapangan Dampingi Roadshow Pelayanan Posyandu Balita Puskesmas Jepara

Jumat, 10 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com – Ada 30 ibu dan balita ikut dalam kegiatan Roadshow Pelayanan Pos Yandu Balita yang diselenggarakan oleh Puskesmas Jepara di rumah Sukhalimah, salah satu Kader Kesehatan Posyandu Mawar Rt 02/05 Kelurahan Bapangan, Kecamatan Jepara. Babinsa Kelurahan Bapangan Koramil 01/Jepara Serda Suwono turut mendampingi kegiatan tersebut, Kamis (09/01/20).

Roadshow ini dipandu oleh Bidan Kelurahan Ibu Endang Wahyu, Petugas UPTD Puskemas Jepara, Ibu Nurrahmawati (Perawat gigi), Ibu Hayvani (Promkes), Ibu Liya (Nutrisionis), dan didampingi  Bhabinkamtibmas Bripka Sestriono, Kader Kesehatan Yandu Mawar dan 6 mahasiswa Undip Semarang.

Dalam Roadshow ini, dilakukan Penimbangan, Pengukuran tinggi badan bayi, Pemeriksaan tensi pasien hamil, Menanyakan keluhan yang dirasakan pasien hamil
dan Pemberian imunisasi serta penambahan gizi bubur kacang ijo kepada balita.

Bidan Kelurahan Endang Wahyu memberikan arahan anjuran hidup sehat dengan memperkuat ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memeriksakan kesehatan secara berkala, memperhatikan kondisi makanan/minuman untuk masa pertumbuhan balita dan ibu yang menyusui.

“Periksakan secara berkala kondisi masa kehamilan, cek selalu perkembangan janin  dalam kandungan, agar keadaan Ibu dan janin tetap terpantau keadaannya,” ucap Endang Wahyu.

Selain itu, Endang juga menghimbau agar ibu yang sedang mengandung untuk selalu kontrol Berat Badan ideal dan Berat Badan perkembangan dimasa kehamilan. Selalu rutin melakukan senam kesehatan sesuai anjuran dokter ataupun bidan. Dan tidak melakukan aktifitas mengangkat barang-barang yang berat.

Ibu Nurrahmawati, salah satu  petugas UPTD Puskemas Jepara menambahkan, bahwa kegiatan ini wujud upaya dari Dinas Kesehatan melalui Bidan Desa dalam rangka mengurangi data stastistik terjadinya gizi buruk dan angka kematian ibu melahirkan. “Dengan ini, Program KB yang dicanangkan dapat terwujud,” terangnya.

Sementara Babinsa, Serda Suwono mengharapkan agar warga meningkatkan antusiaisme dalam Posyandu, sehingga perkembangan ibu dan balita selalu terpantau. Babinsa juga menghimbau disaat musim penghujan, ibu-ibu dapat selalu menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Kita laksanakan gerakan 4 M, Mengambil, Menutup, Membuang, dan Menimbun barang bekas yang dapat menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk. Semoga ibu-ibu yang ada didepan saya sehat selalu,” tandas Suwono. (Denny/afid).