Babinsa Koramil 01/Jepara Cek Saluran Air Labkesda Jepara Yang Jebol

.

Babinsa Koramil 01/Jepara Cek Saluran Air Labkesda Jepara Yang Jebol

Rabu, 08 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com – Hujan lebat yang mengguyur kota Jepara semalam, membuat saluran air Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Jepara jebol, Selasa (07/01/2020).

Menurut rekaman CCTV dilokasi kejadian, sekitar pukul 02.00 WIB, pondasi pagar sepanjang 15 meter, sebelah kanan gedung longsor dan terbawa arus air, sehingga kondisi tanah dalam pagar berlubang. Sejumlah paving block juga ikut terbawa longsor.

Penjaga kantor Suharso (40), sekitar pukul 05.00 WIB melihat kejadian tersebut langsung melaporkan kepada Kepala Labkesda dan menghubungi Babinsa Kelurahan Pengkol di kantor Koramil 01/Jepara yang letaknya bersebelahan dengan gedung Labkesda.

Dengan cepat Serma Shoffiyan Ndori Dan Kopda Niki Yulianto mengecek lokasi kejadian dan menghubungi BNPD Kabupaten Jepara. Tak berselang lama beberapa anggota BNPD tiba dilokasi.

Menurut Kepala Labkesda Jepara Nur Fuadiyati, SKm MEpid, saat dikonfirmasi menyebutkan, kerugian yang dialami sekitar 40 juta, dan saat ini pihaknya sudah melaporkan ke pimpinan atas.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materill saja. Perkiraannya sekitar 40 jutaan,” terangnya.

Sementara Serma Shoffiyan Ndori menjelaskan, longsornya pondasi pagar kantor Labkesda Jepara tersebut di sebabkan kontruksi bangunan pondasi kurang kokoh, karena pondasi bangunan berdiri di tanah urugan (timbunan).

“Mungkin tanah urugan kurang padat, sehingga saat air hujan terus mengguyur, tanah tersebut mengalami longsor, dan membawa pondasi pagar yang ada diatasnya,” jelasnya.

Serma Shoffiyan Ndori juga meminta kepada pihak Labkesda untuk sesegera mungkin memperbaiki kerusakan pondasi pagar kantor, agar saat hujan kembali mengguyur, longsor tidak menjalar ke gedung utama.

“Kita juga sudah pasang garis batas longsor, agar tidak dilewati oleh pegawai Labkesda. Kami harapkan pihak Labkesda segera memperbaik kerusakan, agar tidak merembet ke gedung utama,” tandas Shoffiyan. (Denny/afid)