Babinsa Koramil Pecangaan Pantau Normalisasi Sungai Irigasi Sawah Desa Ngeling

.

Babinsa Koramil Pecangaan Pantau Normalisasi Sungai Irigasi Sawah Desa Ngeling

Kamis, 30 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com – Saluran air yang dangkal menjadi salah satu penyebab air hujan tidak dapat tertampung sehingga dapat mengakibatkan banjir. Untuk itu perlu adanya normalisasi pengerukan dengan menggunakan exavator, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Seperti saluran irigasi sawah di Desa Ngeling, Pecangaan yang mengalami kedangkalan dan kerusakan akibat hujan beberapa waktu yang lalu. Pihak pemdes setempat mendapatkan bantuan alat berat exavator dari Dinas Pengairan untuk melakukan normalisasi.

Babinsa setempat Serda Ahid yang berada di lokasi pengerukan menjelaskan, bahwa selain sungai sudah dangkal, juga ada beberapa titik dinding tanggul yang rusak. Sehingga saat hujan air meluber ke sawah dan jalan.

“Selain dangkal, juga ada beberapa dinding tanggul yang rusak dan jebol akibat hujan deras beberapa waktu lalu,” jelas Serda Ahid saat dikonfirmasi, Rabu (29/01/2020).

Menurutnya, normalisasi sungai irigasi sawah Desa Ngeling harus dilakukan, guna memperlancar aliran air sungai saat hujan turun, sehingga air tidak meluber ke jalan dan pemukiman warga.

“Kalau tidak dibenahi segera, dikawatirkan saat hujan lebat nanti, air tidak tertampung dan meluber ke jalan serta pemukiman warga desa. Semoga langkah ini dapat membantu mengurangi bencana banjir,” terangnya. (Denny/afid).