Babinsa Ngetuk Dampingi Fogging Tim P2 BDB Puskesmas Nalumsari

.

Babinsa Ngetuk Dampingi Fogging Tim P2 BDB Puskesmas Nalumsari

Rabu, 08 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com - Saat musim hujan tiba, fogging merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan di berbagai daerah, terutama pemukiman dan sekolah. Fogging adalah sebuah teknik pengendalian vektor penyakit, khususnya nyamuk, dengan membunuh nyamuk dewasa dan jentiknya, menggunakan racun serangga.

Seperti yang dilakukan Babinsa Desa Ngetuk Koramil 05/Mayong Sertu Abdul Rauf bersama perangkat dan kader kesehatan desa mendampingi tim P2 BDB Puskesmas Nalumsari dalam melakukan penyemprotan di sejumlah lokasi rawan nyamuk.

Fogging yang dilakukan kali ini menyasar beberapa rumah warga, SD N 1 dan SD N 3 Ngetuk serta TK Budi Lestari Ngetuk, yang disinyalir menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk. Hal ini disampaikan Imron Rosadi, salah satu petugas Puskesmas Nalumsari saat dikonfirmasi dilapangan.

“Hari ini lebih dari 20 rumah warga, 2 SD dan 1 TK menjadi sasaran fogging. Dan sisanya akan dilanjutkan besok,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Sertu Abdul Rauf, walau fogging bukan metode pencegahan utama,namun fogging adalah salah satu cara yang masih dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes agypti dewasa.

“Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun,” jelasnya.

Babinsa asal kota kretek ini juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk peduli akan lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja, dengan rutin membersihkan lingkungan setiap harinya.

“Kalau kita rutin membersihkan lingkungan, saya yakin akan dapat mengurangi penyebaran penyakit,” tandas Sertu Abdul Rauf. (Denny/afid)