Dandim Jepara Tinjau Kondisi Banjir Di Dukuh Tempur Sumber Rejo Donorojo

.

Dandim Jepara Tinjau Kondisi Banjir Di Dukuh Tempur Sumber Rejo Donorojo

Jumat, 10 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com – Sebanyak 73 rumah, 2 musholla dan 1 Yayasan sekolah terendam banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter di Dukuh Tempur Desa Sumber Rejo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara, Jumat (10/01/2020).

Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Suharyanto didampingi Forkopincam Kecamatan Donorojo, 3 Pilar Desa Sumber Rejo dan BPBD Kabupaten Jepara serta Petugas PMI meninjau lokasi bencana alam.

Kejadian bermula sekitar pukul 05.00 WIB, air sungai Pasokan, yang terletak di dukuh Tempur berbatasan dengan Desa Wedusan, Dukuh Seti, Pati meluap. Hal ini dikarenakan intensitas hujan  yang mengguyur secara terus menerus.

“Dikarenakan hujan terus menerus, sehingga sungai Pasokan tidak dapat menampung dan mengalirkan air secara maksimal, sehingga air luapan masuk ke area pemukiman warga Dukuh Tempur Sumber Rejo,” jelas Danramil 12/Donorojo Kapten Alex Effendi saat dikonfirmasi dilokasi.

Danramil menambahkan, sekitar pukul 07.00 WIB, pemukiman warga terendam banjir dengan ketinggian air antara 50 Cm - 1,5 Meter. Selang 3 jam kemudian, luapan banjir mulai surut. Relawan dan masyarakat mulai membersihkan lumpur pasca banjir.

Sementara Dandim Letkol Arm Suharyanto meminta kepada seluruh jajaran dan instansi terkait untuk membantu meringankan kesulitan warga yang terkena dampak banjir.

“Kita bantu mereka dalam mengatasi masalah ini. Instansi terkait agar selalu siap sedia dalam meringankan beban warga,” tegas Dandim.

Dandim juga menyampaikan terkait banjir di Dukuh Tempur yang merupakan langganan banjir saat musim hujan, akan melaksanakan koordinasi dengan stake holder terkait Kabupaten Jepara.

“Nanti kami akan coba koordinasi dengan stakeholder terkait Kabupaten Jepara, agar ada solusi untuk masalah ini, dengan meluruskan aliran sungai Pasokan yang saat ini berkelok-kelok. Semoga ada titik hasil,” tandas orang nomor satu jajaran TNI Kabupaten Jepara ini. (Denny/afid).