GUBERNUR JATENG JADI INSPEKTUR UPACARA

.

GUBERNUR JATENG JADI INSPEKTUR UPACARA

Jumat, 03 Januari 2020

Semarang, bhayangkaraperdana.com - Dalam memperingati Hari Amal Bhakti ke 74 Kementrian Agama RI Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjadi Inspektur Upacara dan sekaligus memberikan penghargaan kepada Siswa yang berprestasi baik Nasional dan Internasional.
Pengukuhkan Penyuluh Agama Islam sebagai pendamping Mustahiq Produktif Provinsi Jawa Tengah di Kantor Kemenag Kanwil Jateng, Jumat (3/1/2020).
Dalam amanat Menteri Agama yang dibacakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.
Dalam negara Pancasila, siapa pun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap ajaran
agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, melakukan ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda. Segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara.
Ganjar menegaskan bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam satu kotak untuk
melahirkan moderasi beragama dan bernegara.
Karena apabila penguatan identitas keagamaan dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya, penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme.
Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 “Umat Rukun, Indonesia Maju”, Ganjar mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar
menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. (Im@m Tim MBP)