Miris, Pintu Irigasi Saluran Sungai Rombong Banyak Sampah

.

Miris, Pintu Irigasi Saluran Sungai Rombong Banyak Sampah

Jumat, 10 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com – Pasca hujan, pintu irigasi saluran sungai Rombong Desa Mayongkidul, Mayong, Jepara, kondisinya sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, tumpukan sampah yang terbawa air irigasi saat hujan sangat mengotori pemandangan dan menyebabkan tersumbatnya air di pintu irigasi.

Melihat kondisi tersebut, Babinsa Koramil 05/ Mayong Pelda Sukirman bersama Kasi Kesejahteraan Desa Mayongkidul Aris Setiawan melakukan pengecekan dan pemantauan kondisi pintu irigasi.

Menurut Babinsa, sampah yang bertumpuk akibat ulah warga masyarakat yang kesadararan akan sampah masih sangat rendah. Sampah tersebut mayoritas dari sampah rumah tangga.

“Mereka seenaknya membuang sampah ke saluran air. Padahal ini sangat-sangat berbahaya. Bisa dilihat sendiri, kondisi pintu air sangat miris, banyak sampah berserakan dimana-mana,” ungkap Sukirman, Kamis (09/01/20).

Pelda Sukirman berharap, peran serta pihak pemerintah desa dalam memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada warga terus digalakkan, melihat sebagian warga cuek dan acuh tak acuh dengan permasalahan sampah.

“Kalau kita biarkan, luapan air saluran irigasi tidak hanya membanjiri area persawahan saja, bahkan nantinya dapat meluber ke area pemukiman warga. “Kalau sudah terjadi banjir, nanti mereka sendiri yang susah,” terangnya. (Denny/afid).