Penemuan Terowongan Peninggalan Belanda Di Desa Cokro Kembang Klaten

.

Penemuan Terowongan Peninggalan Belanda Di Desa Cokro Kembang Klaten

Sabtu, 18 Januari 2020

Klaten, bhayangkaraperdana.com - Warga Dukuh Cokro Kembang, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, dikejutkan dengan penemuan sebuah terowongan yang mirip Goa berukuran cukup besar, terowongan tersebut diduga peninggalan zaman Belanda.

Terowongan yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut, pertama kali di temukan oleh H.Danang Hari Budiantoro (53) Warga Dukuh Cokro Kembang, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kab. Klaten  di bulan November 2019.


Mulut terowongan tersebut persis di pinggir sungai Dukuh Cokro Kembang. Hadir Danramil Kec Tulung Kab Klaten, Kapt. Rudyanto,

Danang Hari Budiantoro saat ditemui awak Media Bhayangkara Perdana di lokasi terowongan, Jum'at(17/1) menyampaikan, " ketika saya melihat mulut terowongan di pinggir sungai, saya mengajak warga sekitar untuk Membuka dan membersihkan dari lumpur tanah dan kotoran sampah yang menyumbat mulut terowongan tersebut dan sekarang sudah bisa masuk kedalam sekitar 100 meter, padahal diperkirakan terowongan tersebut sejauh sekitar 800 meter hingga 1 km," kata Danang

" Untuk diketahui bahwa terowongan sepanjang sekitar 1 km tersebut berdinding bata merah dengan ketinggian sekitar 2 meter dan lebar 1.5 - 2 meter. Dan lokasi ini dulunya adalah pabrik gula dan saya memotivasi langsung kepada warga untuk membersihkan terowongan ini agar nantinya bisa menjadi destinasi wisata baru dukuh Cokro kembang, dan bisa menggerakkan perekonomian warga sekitar," pungkasnya.

Salah satu pengunjung sekitar lokasi, Widoyo(55)warga Pusur Karanglo, Polanharjo Klaten, sangat senang sekali dengan ditemukan obyek bersejarah terowongan Belanda, yang nantinya akan menjadi obyek wisata baru, sehingga warga sekitar bisa menjadi mata pencaharian dengan  berjualan makanan atau yang lain di lokasi wisata yang baru, " ucap Widoyo. (sis)