Sampah Di Pintu Irigasi Saluran Sungai Rombong Dibersihkan

.

Sampah Di Pintu Irigasi Saluran Sungai Rombong Dibersihkan

Sabtu, 18 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com – Anggota Koramil 05/Mayong yang dipimpin Pelda Sukirman bersama Bhabinkamtibmas, Petinggi dan perangkat desa, mahasiswa KKN UMK Kudus serta warga masyarakat melaksanakan kerja bhakti pembersihan sampah di pintu irigasi saluran sungai Rombong, Mayongkidul, Mayong, Jepara, (17/01/2020).

Tumpukan sampah bak gunung merapi itu mayoritas berasal dari sampah rumah tangga. Ini akibat ulah warga masyarakat yang kesadaran akan sampah masih sangat rendah.

“Kondisinya sangat memprihatinkan. Kalau kita tidak segera ambil tindakan, tumpukan sampah ini dapat menyumbat air di pintu irigasi saat hujan, sehingga dikawatirkan dapat menyebabkan banjir,” ujar Pelda Sukirman sekaligus Babinsa desa setempat.

Hal senada juga disampaikan Petinggi desa Buono, SPd, bahwa tumpukan sampah tersebut mayoritas berasal dari sampah rumah tangga. Petinggi sangat mengapresiasi kerja bhakti yang digagas oleh Babinsa Pelda Sukirman dan melibatkan seluruh elemen warga.

“Dengan kerja bhakti ini, akses saluran air di pintu sungai Rombong jadi lancar. Bahaya banjir di area persawahan dan pemukiman dapat dicegah,” jelas Petinggi.

Petinggi juga menyampaikan terima kasih kepada Koramil 05/Mayong yang mengirim beberapa anggotanya untuk membantu kerja bhakti, mahasiswa KKN UMK Kudus dan masyarakat yang ikut terlibat.

“Kita kerjakan hari ini semaksimal mungkin. Jika masih belum selesai, kita kerjakan besok lagi. Kita harus tuntaskan masalah sampah di pintu irigasi saluran sungai Rombong ini. Ayo semangat,” tandasnya. (Denny/afid).