Tanggul Saluran Irigasi Jebol, Babinsa Tanggul Tlare Bantu Perbaikan

.

Tanggul Saluran Irigasi Jebol, Babinsa Tanggul Tlare Bantu Perbaikan

Jumat, 10 Januari 2020

Jepara, bhangkadaperdana.com – Tanggul irigasi perairan sawah di Desa tanggul Tlare, Kedung, Jepara jebol, Babinsa Koramil 02/Kedung Koptu Bambang HK bersama Bhabinkamtibmas, Petinggi dan perangkat desa serta warga sekitar melaksanakan perbaikan, Kamis (09/01/2020).

Kosnaidi, selaku Petinggi desa menjelaskan, bahwa jebolnya tanggul irigasi tersebut disebabkan, tidak kuat menampung air aliran sungai akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari ini.

“Karena tidak kuat menampung air, akhirnya hingga tanggulnya jebool dan mengaliri area persawahan warga,” jelasnya.

Kosnaidi menambahkan, akibat jebolnya tanggul sungai itu, banyak area persawahan warga penuh dengan lumpur dan tidak dapat digunakan untuk menanam padi, karena volume air yang mengalir akibat jebolnya tanggul cukup besar.

“Kalau dibiarkan terus menerus, air dari sungai irigasi akan memenuhi area persawahan dan petani tidak dapat menggunakan untuk bercocok tanam,” imbuh Kosnaidi.

Koptu Bambang selaku Babinsa saat dikonfirmasi dilokasi menyampaikan, bahwa salah satu langkah yang diambil oleh pihak pemerintah desa dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas adalah dengan melakukan penambalan tanggul.

“Dalam penambalan ini, kita gunakan tanah yang dimasukkan karung, kita ikat, kita tumpuk dan kita kasih kayu untuk menompang karungan tanah agar tidak bergeser,” terangnya.

Ditambahkannya, jika dibiarkan, maka jebolnya tanggul irigasi itu akan merembet dan dikawatirkan genangan air dari aliran irigasi akan mengakibatkan kebanjiran di pemukiman warga desa.

“Harapan saya, semua warga dapat ikut membantu dalam perbaikan ini. Jika kita sengkuyung ramai-ramai saya yakin akan segera selesai. Semoga usaha yang kita dapat membuahkan hasil,” tandas Babinsa Koptu Bambang. (Denny/afid).