Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Kalianyar Bantu Pemupukan Padi

.

Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Kalianyar Bantu Pemupukan Padi

Sabtu, 18 Januari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com – Masuk pada musim tanam pertama tahun ini, berbagai kegiatan dilakukan oleh petani dalam mengolah sawahnya. Ada yang sementara masih mengolah lahan, tabur benih, tanam bibit padi bahkan ada yang sudah melakukan pemupukan terhadap tanaman padi miliknya.

Hambali (62), warga Rt 01/01 Desa Kalianyar, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara,  sudah mulai melakukan pemupukan tanaman padi dengan dibantu oleh anggota Koramil 02/Kedung, (17/01/20).

Sadar akan tugas pokoknya sebagai Babinsa, Koptu Noor Edi dengan sigap membantu warga dalam setiap permasalahan, terlebih menyangkut pencapaian swasembada pangan nasional.

“Membantu warga, merupakan bagian dari tugas pokok saya, termasuk  ikut Pak Hambali dalam memupuk tanaman padi ini,” kata Noor Edi.

Koptu Noor Edi menjelaskan bahwa pemupukan padi IR 64 yang dilakukan ini bertujuan agar tanaman dapat tum buh dengan subur. “Dengan pemupukan secara rutin, diharapkan dapat meningkatkan kesuburan tanaman padi, sehingga nantinya didapatkan hasil panen yang melimpah,” imbuhnya.

Dengan perawatan tanaman padi yang benar, lanjut Koptu Noor Edi, baik itu pemupukan, pengairan, penyiangan maupun penyemprotan terhadap hama, tentunya bisa meningkatkan kesuburan pada tanaman padi sehingga diharapkan saat panen nanti bisa menghasilkan gabah yang melimpah dan berkualitas.

“Semoga dengan pendampingan yang saya lakukan sebagai seorang Babinsa, dapat memberikan motivasi kepada para petani agar lebih giat dan semangat dalam bercocok tanam, untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. (Denny/afid).