Dinkop UMKM Berikan Pelatihan Home Industri, Begini Kata Babinsa Ngasem

.

Dinkop UMKM Berikan Pelatihan Home Industri, Begini Kata Babinsa Ngasem

Kamis, 13 Februari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com - Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Jepara memberikan pelatihan kerajinan Rumah Tangga (Home Industri) anyaman Pandan kepada warga Ngasem, khususnya ibu rumah tangga di Pendopo Desa Ngasem, Batealit, Rabu (12/02/2020).

Acara yang bertajuk Pembinaan dan Pemberdayaan UMKM Melalui Peningkatan Kewirausahaan (Pelatihan Pandan) Desa Ngasem ini diselenggarakan selama 3 hari, mulai tanggal 11 sampai 13 Februari 2020.

Babinsa setempat, Kopda Aryadi melaksanakan pendampingan kegiatan tersebut. Dimana seorang Babinsa dituntut untuk melaksanakan monitoring, pemantauan, dan pendampingan setiap kegiatan yang ada di wilayah. Sehingga dapat diketahui apa yang terjadi di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Babinsa dari Koramil 03/Batealit ini mengatakan, dengan pendampingan yang ia lakukan, diharapkan kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar serta ibu-ibu peserta dapat fokus dalam pelatihan.

Babinsa juga menyampaikan terima kasih kepada tim dari Dinas Koperasi Dan UMKM yang dipimpin Sofiatun, atas terselenggaranya pelatihan anyaman Pandan di Desa Ngasem.

“Terima kasih Ibu Sofi, bersama tim sudah memberikan pelatihan di Desa Ngasem. Semoga dengan adanya pelatihan ini, warga khususnya ibu-ibu dapat mengembangkan usaha dan mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga,” ujar Babinsa.

Sementara itu, Sofiatun menjelaskan pelatihan anyaman Pandan yang dilaksanakan menghasilkan produk yang bervariasi antara lain kebutuhan alat rumah tangga, perlengkapan dapur dan lain lain, dengan warna dan corak yang beranekaragam.

“Pelatihan ini bertujuan untuk melatih dan mengasah kemampuan home industri dalam bidang anyaman Pandan. Selain diberikan pelatihan, juga yang tak kalah  penting yaitu bagaimana cara mengekspos produk yang dihasilkan kepada pasar-pasar di sekeliling Kabupaten Jepara,” jelas Sofiatun. (Denny/afid).