Hama Keong Serang Sawah, Babinsa Mulyoharjo Turun Tangan

.

Hama Keong Serang Sawah, Babinsa Mulyoharjo Turun Tangan

Sabtu, 15 Februari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com - Dalam upaya peningkatan produktivitas tanaman padi, salah satu faktor penghambatnya adanya organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang menyerang tanaman padi, diantaranya adalah hama keong.

Seperti di area persawahan bengkok Kamituo Dukuh Bugel Desa Mulyoharjo Jepara kota, banyak ditemukan hama keong. Lahan yang digarap oleh H Mochamad Hali ini ditanami padi jenis ciherang, dengan luas lahan 1 hektar.

Sebagai Babinsa setempat, Serka Muryono yang berdinas di Koramil 01/Jepara turut terjun membantu para petani menangani hama keong di desa binaannya. Tak jarang dirinya ikut bergabung dengan para petani, dimulai dari awal pengolahan lahan hingga masa panen.

“Pendampingan ini sebagai wujud kepedulian TNI kepada petani, dan sebagai upaya mensukseskan progam pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan,” ungkap Serka Muryono saat ditemui dilokasi, Jumat (14/02/2020).

Lebih lanjut, Babinsa kelahiran Demak ini menyebut, di wilayah desa Mulyoharjo keberadaan hama keong belum terlalu mengkawatirkan, tetapi bila hama tersebut tidak dikendalikan secara baik dan benar maka akan berpotensi menjadi hama utama.

“Hama dari golongan moluska ini sangat berpotensial menjadi hama utama karena berkembang biak dengan cepat dan menyerang tanaman yang masih muda. Kita akan koordinasikan dengan PPL untuk mengatasi masalah keong ini, agar tidak memperngaruhi hasil panen nantinya,” tandasnya. (Denny/afid).