Hama Menyerang Pertanian, Babinsa Datar Bantu Penyemprotan

.

Hama Menyerang Pertanian, Babinsa Datar Bantu Penyemprotan

Selasa, 11 Februari 2020

Jepara, bhayangkaraperdana.com -  Babinsa Desa Datar Koramil 05/Mayong Kopda Agung Adi melaksanakan pendampingan upaya khusus (upsus) MT-1 tahun 2020. Pendampingan ini dimulai dari pengolahan lahan hingga panen. Kali ini Babinsa membantu petani dalam membasmi hama padi.

Tak tanggung-tanggung, Babinsa mantan pasukan kelelawar ini langsung terjun ke sawah, dan menyemprot hama di tanaman padi milik Suwandi Poktan Sido Mulyo di area persawahan Rt 03/02 Desa Datar, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Senin (10/02/20).

Kopda Agung mengatakan, penyemprotan ini untuk mengurangi mengurangi hama ulat maupun wereng yang menyerang padi. Selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput  ilalang yang bakal tumbuh di sekitar tanaman padi.

“Jika dibiarkan, hama tersebut dapat merusak tanaman sehingga hasil panen yang dicapai tidak maksimal,” katanya.

Disaat musim penghujan ini, petani harus lebih waspada akan adanya hama wereng, tikus hingga belalang di tanaman mereka. Sehingga pemeliharaan tanaman padi ini harus dilakukan secara ekstra keras.

Menurutnya, keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin, khususnya di wilayah Kabupaten Jepara.

“Kita ikhlas bantu para petani. Ini sebagai salah satu kepedulian TNI akan progam swasembada pangan yang di gadang oleh Pemerintah,” jelasnya.

Sementara Suwandi mengaku sangat bersyukur dengan dibantu oleh Babinsa dalam penyemprotan hama. Selain lebih irit tenaga juga lebih irit biaya yang dikeluarkan untuk penyemprotan.

“Kalau memperkerjakan orang biaya upah cukup mahal. Saya sangat bersyukur ada bantuan tenaga dan pikiran dari Pak Babinsa,” paparnya. (Denny/afid).