Lagi Nyabu Seorang Pemuda Diamankan Dirumahnya Oleh Sat Narkoba Polres Semarang

.

Lagi Nyabu Seorang Pemuda Diamankan Dirumahnya Oleh Sat Narkoba Polres Semarang

Senin, 23 Maret 2020

Ungaran, bhayangkaraperdana.com - Polres Semarang menggelar Press Release dengan kasus penyalahgunaan Narkotika golongan 1 jenis Sabu di wilayah Ungaran Timur Kabupaten Semarang, Jumat(20/3/2020).

Awan Sukma Irawan (32) alias Copet merupakan pelaku penyalahgunaan Narkotika Golongan 1 jenis sabu yang di amankan oleh petugas Sat Narkoba Polres Semarang di rumahnya Jalan Diponegoro No. 214 Mijen Rt 01 Rw 04 Kelurahan Gedanganak Kecamatan Ungaran Barat Kab. Semarang. Barang bukti yang di amankan 1 (satu) buah bungkus permen karet warna hijau yang berisi 1 (satu) buah plastik klip yang berisi serbuk kristal sabu yang di bungkus dengan kertas tisu warna putih dan diisolasi dengan lakban warna hitam dengan berat 1,06 gram, 1 (satu) buah plastik klip yang berisi serbuk kristal sabu yang di bungkus dengan kertas tisu warna putih dengan berat 0,31 gram (sisa pakai sebelumnya), 1 (satu) buah Handphone merek Samsung dan 1 (satu) buah celana celana jeans warna biru.

Berawal pada hari Kamis (13/2)  sekitar pukul 09.00 wib, anggota Resmob Sat Narkoba mendapatkan informasi tentang adanya penyalahgunaan tindak pudana narkotika golongan 1 jenis sabu di wilayah Kecamatan Ungaran Timur Kab. Semarang. Bedasarkan informasi tersebut kemudian petugas Resmob Sat Narkoba Polres Semarang melakukan penyelidikan tempat tersebut. Dan petugas mendapatkan infotmasi ciri - ciri orang yang di duga sebagai pelaku. Selanjutnya petugas Sat Narkoba Polrea Semarang mengamankan Awan alias Copet di rumahnya, dilanjukan dengan penggeledahan dengan di saksikan warga sekitar dan petugas Sat Narkoba berhasil menemukan barang bukti berupa 1 (satu) buah bekas bungkus permen karet warna hijau yang di dalamnya berisi 1 (satu) buah plastik klip yang berisi serbuk kristal sabu yang dibungkus kertas tisu warna putih dan diisolasi dengan lakban warna hitam, dan 1 (satu) buah plastik klip berisi serbuk kristal sabu yang dibungkus dengan kertas tisu warna hitam dicurigai Narkotika Golongan 1 jenis sabu, yang di temukan disaku celana sebelah kiri pelaku.

Selanjutnya petugas Sat Narkoba polres Semarang melakukan introgasi kepada Tersangka Awan alias Copet dari mana asal usul barang tersebut didapatkan, kemudian tersangka mengakui barang tersebut didapat dari seseorang yang bernama Denny yang dibeli seharga Rp. 1. 100. 000,-(satu juta seratus ribu rupiah).

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si, menjelaskan " terkait dengan tindak pidana Narkoba, kami berhasil melakukan pengungkapan dan penangkapan pelaku narkoba di wilayah Ungaran Timur. Dan anggota kami Resmob Sat Narkoba setelah mendapatkan informasi dan memastikan benar adanya kegiatan nyabu langsung melakukan penangkapan setelah di geledah benar adanya didapati 1 gram lebih dari tangan tersangka ini," kata kapolres Semarang.

" Dan dari pengakuan Tersangka bahwa barang yang berjenis sabu di dapat dari Denny yang saat ini DPO kami dan Tersangka membeli dari Denny senilai Rp. 1. 100. 000,-( satu juta seratus ribu rupiah) dengan  cara transaksi dan menentukan titik koordinat melalui GPS Handphone setelah transaksi atau tranfer ini selesai pelaku Denny menempatkannya di tempat yang tidak di ketahui oleh orang,  nah untuk kasus ini diletakkan di bawah pot, "jelas AKBP Gatot.

"pengakuan tersangka sudah 1 (satu) tahun lebih menggunakan barang ini, sabu seberat 1 gram lebih ini digunakan untuk sebulan dan di konsumsi sendiri alasannya agar segar menambah stamina tidak dan tidak mudah capek," kata Kapolres Semarang.

" Atas perbuatannya tersangka ini di jerat dengan  pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman paling singkat 5 (lima ) tahun dan denda sebanyak Rp. 1. 000. 000. 000,-(satu miliar rupiah) dan untuk pelaku Denny sendiri sedang dilakukan pengejaran anggota kami," Imbuh AKBP. Gatot. (Bintang)