MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA (MMD) BIDANG KESEHATAN DESA PELEMAN.

.

MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA (MMD) BIDANG KESEHATAN DESA PELEMAN.

Senin, 02 Maret 2020

Sragen, bhayangkaraperdana.com -
Senin, 02 Maret 2020 . Babinsa Desa Peleman Serka Suripan menghadiri kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bidang Kesehatan di balai desa Peleman kec. Gemolong Kab.Sragen.

Sambutan kepala desa Peleman yang di wakili oleh bapak Tri iswandono menyampaikan bahwa Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggungjawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dinyatakan bahwa Puskesmas berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama.

Musyawarah Masyarakat Desa Untuk Membahas Hasil Survei Mawas Diri (SMD).Secara umum Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) merupakan pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Kepala Puskesmas Gemolong melalui ibu Puji Rahayu,Amd.Keb mengatakan Kegiatan MMD yang digelar Puskesmas Gemolong diharapkan mampu menyerap aspirasi masyarakat terkait kondisi dan layanan kesehatan. Dimana dengan cara seperti ini merujuk pada keinginan agar persoalan tentang kesehatan yang terjadi di masyarakat dapat diatasi dengan cepat dan tepat.
pihaknya terlebih dahulu telah melaksanakan survei dengan cara menyebar kuisioner kepada setiap kader posyandu sebagai perwakilan masyarakat.

Dari hasil survei atas salah satu persoalan kesehatan yang terjadi di Desa kita bahas bersama kita carikan solusi bersama sesuai potensi yang dimiliki. Sehingga harapan kedepan bisa masuk dalam perencanaan di Desa maupun perencanaan Puskesmas. Kami juga berharap Desa dapat menganggarkan 10% dari Dana Desa yang diperolehnya untuk bidang kesehatan",pungkasnya.

Ditempat yang sama bidan desa Peleman Veronika Intan,Amd.Keb menerangkan kalau Hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang sudah dilakukan bersama masyarakat ini selanjutnya dibahas bersama dengan perwakilan warga desa dan masyarakat untuk selanjutnya dilakukan kegiatan perumusan dan penentuan prioritas masalah dalam sebuah forum Musyawarah Masyarakat Desa (MMD).
Sedangkan tujuan dilaksanakannya Musyawarah Masyarakat Desa adalah sebagai berikut:
-Masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayahnya.
-Masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui desa siaga dan poskesdes.
-Masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, melaksanakan desa siaga dan poskesdes.(Heri/Suripan)