SATGAS RELAWAN DESA PENCEGAHAN DAN TANGGAP VIRUS COVID 19 ADAKAN RAKOR

.

SATGAS RELAWAN DESA PENCEGAHAN DAN TANGGAP VIRUS COVID 19 ADAKAN RAKOR

Rabu, 01 April 2020

Grobogan, bhayangkaraperdana.com - untuk mencegah serta memutus mata rantai berkembangnya virus covid 19 desa Krangganharjo kecamatan Toroh membentuk satgas ( satuan tugas ) relawan desa tanggap dan pencegahan virus corona atau covid 19.
Rakor yang dilaksanakan di balai desa Krangganharjo Rabu ( 1/4/2020 ).

Dipimpin langsung oleh ketua satgas yang juga kepala desa Krangganharjo. Menurut keterangan kepada desa Krangganhajo Jasminto tujuan dibentuknya satgas ini agar bisa mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam pencegahan serta memutus mata rantai berkembangnya virus covid 19 di desa Krangganharjo.

" Saya berharap satgas bisa bekerja sebaik mungkin dengan memberikan penjelasan kepada warga tentang bahayanya virus corona / covid 19 ini, "terang Jasminto.

Ditambahkannya SK yang akan diberikan kepada anggota satgas selama 1 tahun ini agar meringankan tugas pemerintah baik pusat dan kabupaten dalam penanganan wabah saat ini dan sekaligus menjadi garda depan untuk memberikan edukasi serta penjelasan bahkan tindakan kepada warga.

Serta  kiat - kiat dalam mensikapi berkembangnya virus covid 19.
Hal sama juga disampaikan oleh Imam Suranto selaku anggota Satgas yang menyampaikan agar komponen satgas yang ada di desa Krangganharjo bisa solid dan kompak dalam memberikan edukasi serta penjelasan  masalah virus covid 19 ini ditengah tengah masyarakat.

" Kita harus mempunyai persepsi yang sama dalam memberikan edukasi ke masyarakat jangan sampai nantinya justru muncul masalah baru. Jangan sampai masyarakat dibuat tegang dalam hal ini. Yang penting tetap tenang serta waspada, cuci tangan, hindari kerumunan dan jaga jarak serta stamina badan  Karena peran imun dalam tubuh manusia sangatlah penting dalam melawan virus covid 19 " Jelas Imam yang juga Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan BPD Krangganharjo.

Semakin masyarakat bingung dan stres maka imun dalam dirinya akan lemah dan ini justru sangat rentan kemasukan virus covid 19.
Senada dengan Bidan desa Krangganharjo yang    menyampaikan bahwa peran Ketua RT juga sangatlah penting dalam pencegahan virus covid 19 ini.Artinya bisa mendata warganya yang baru datang dari daerah lain.Lebih  - lebih pernah bermukim di daerah zone merah atau melintasinya.

Maka disamping adanya ODP ( Orang Dalam Pengawasan juga ada PDP ( Pasien Dalam Pengawasan ) .
Tugas Ketua RT memberikan menjelasan kepada warga yang masuk kategori ODP agar untuk sementara waktu bisa tinggal dirumah selama 14 hari.
Yang lebih membahayakan disebut OTG yaitu orang yang sudah terpapar virus corona akan tetapi dirinya tidak merasa oleh karena daya tahannya bagus sehingga tidak ada gejala baik batuk, pilek serta sesak nafas.
Satgas Relawan Desa Tanggap virus covid 19 ini beranggotakan Kepala Desa, Perangkat Desa, semua anggato BPD, LPMD, KPMD, RW Tokoh Masyaraka, Bidan Desa, diharapkan bisa bekerja secara maksimal.

Dan program yang akan dijalankan diantaranya membuat tempat cuci tangan di masing  - masing rumah warga desa Krangganharjo, penyemprotan disinfektan secara pekanan, woro woro lewat mobil keliling desa serta memantau Rumah Makan agar memtaati kesepakatan yang ada dan fasilitas umum agar tidak terjadi pengeruman orang dan juga menyarankan warga agar tidak sering keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. (Im@m)