BANSOS BAGI WARGA SUKO KELURAHAN SIDOREJO LOR KOTA SALATIGA BELUM AKURAT

.

BANSOS BAGI WARGA SUKO KELURAHAN SIDOREJO LOR KOTA SALATIGA BELUM AKURAT

Rabu, 13 Mei 2020

Salatiga, bhayangkaraperdana.com - Beberapa warga Dusun Suko RT 02 - RW 15 Kelurahan Sidorejo Lor - Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga, menghimbau agar didalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah, sekiranya di data ulang supaya penyaluran Bansos tersebut tepat sasaran.

Zaenal Arifin dan beberapa warga lainnya di Dusun Suko RT 02 - RW 15 Kelurahan Sidorejo Lor - Kecamatan Sidorejo menerangkan, dalam penyaluran Bansos tersebut dianggap masih salah sasaran, sebab masih ada beberapa warga yang tidak mampu belum terverifikasi datanya, dikarenakan masih ada seorang janda yang belum mendapatkan bantuan sosial tersebut, Terangnya kepada Media bhayangkaraperdana.com

Dirinya juga meminta kepada Satgas Covid 19 di Dusun Soka Kelurahan Sidorejo Lor ini melalui RT dan RW, seyogyanya dilakukan pendataan ulang kembali atau data disusulkan, karena masih banyak warga yang terdampak wabah Covid 19 yang terabaikan, Jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Salatiga Roch Hadi menjelaskan, mengenai Bansos tersebut ada 3 sumber antara lain dari, Pemerintah Pusat, Kemensos, APBD 1 Provinsi dan APBD 2 dari Pemerintah Kota Salatiga.

Kota Salatiga dalam hal ini, lebih awal didalam mendistribusikan Bansos kepada masyarakat sebanyak 21.783.000 Paket Sembako yang dibagikan kepada masyarakat di Kota Salatiga pada tahap pertama, dan untuk tahap ke 2 akan dilaksanakan sebelum Idul Fitri 1441H nanti, sesuai alokasi yang sedang dilakukan pembahasan ditingkat Pusdaten dan Pusdatin Kota Salatiga, Terangnya.

Dalam penyaluran tahap ke 2, akan dilakukan evaluasi data, supaya tidak ada penerima ganda, sehingga dalam penyaluran Bansos tersebut akan tepat sasaran kepada masyarakat yang semestinya ber-hak menerima, dan untuk paket sembako yang melalui kupon dengan penebusan sebesar 60 ribu rupiah itu bukan ranah Dinsos, melainkan dari UKM, Tandasnya.

Bambang selaku Lurah Sidorejo Lor - Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga juga menjelaskan, dalam hal ini dirinya selalu menghimbau kepada Satgas Covid 19 di wilayah Kelurahan Sidorejo Lor, melalui tingkat RT dan RW data tersebut harus sesuai dengan keadaan warga, sehingga tidak ada yang namanya salah sasaran, data tersebut akan dikirimkan ke Kecamatan dan diteruskan sampai Pusdatin Kota Salatiga.

Data yang diusulkan ke Pusdatin setelah dikumpulkan melalui kecamatan mencapai 1.400 Kartu Keluarga, namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Pusdatin hanya berjumlah 1.268 Kartu Keluarga yang ber-hak mendapatkan Bantuan Sosial dampak Covid 19 tersebut, Ujarnya.

Didalam tahap ke 2 ini akan dilakukan pendataan kembali, agar tidak terjadi salah sasaran didalam penerimaan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid 19, Tandasnya. (Indra Garuda)