RAKOR LINSEK OPERASI KETUPAT CANDI 2020 KOTA SALATIGA

.

RAKOR LINSEK OPERASI KETUPAT CANDI 2020 KOTA SALATIGA

Rabu, 06 Mei 2020

Salatiga, Bhayangkaraperdana.com - Dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ketupat Candi 2020 Kota Salatiga, dengan tema " Kita Tingkatkan Sinergitas Antar Istansi " dalam rangka pencegahan Covid 19 dan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1441H, yang berlangsung di Pendopo Polres Salatiga pada hari Selasa (05/05/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolres, Dandim 0714, Walikota, Ketua dan Wakil ketua DPRD, Denpom IV Diponegoro, Kajari, Kapolsek jajaran Polres, Dinas terkait lainya dan Toga - Thomas Kota Salatiga.

Pada acara tersebut, dalam sambutan Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat menyampaikan, dalam rangka Lintas Sektoral (Linsek) Operasi Ketupat Candi (OKC) 2020, diharapkan agar selalu menjalin sinergitas untuk terciptanya ruang aman dan nyaman di Kota Salatiga, dikarenakan tanpa adanya dukungan dan sinergitas dalam melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, guna mencegah penyebaran virus corona dan mewujudkan Harkamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif, maka pelaksanaan Linsek OKC 2020 selama 37 hari tidak akan tercapai.

Walikota Salatiga yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kota Salatiga, Roch Hadi memaparkan, didalam pandemi Covid 19 ini, sangat berdampak pada Makro Ekonomi atau Sosial masyarakat, yang kurang lebih sekitar 21.000 Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah telah memberikan Bansos Tahap ke 1 pada bulan April 2020, sebelum bulan Ramadhan kepada masyarakat, berupa Paket Sembako dan Bantuan Langsung Tunai, dan Tahap ke 2 pada Bulan Mei ini.

Dalam hal penyaluran Bansos ini, sebagian masyarakat juga ada yang belum mendapatkan bantuan sehingga menimbulkan kecemburuan sosial di kalangan masyarakat, semua ini dikarenakan bantuan yang turun tidak bersamaan, seperti hal nya Bansos dari Kementrian Sosial (Kemensos) berupa BPNT dan PKH sehingga kinerja Dinsos dianggap salah sasaran, Terangnya.

Informasi yang kami terima, kalau Bansos dari Kemensos pada hari Jumat lusa (08/05/2020) akan turun melalui Pemerintah Provinsi, akan tetapi secara teknis, belum ada berita lanjutan mengenai pastinya, maka kami meminta bantuan kepada Polres Salatiga dalam pengamanan, Ungkapnya.

Roch Hadi juga mengungkapkan, didalam pembagian Bansos tersebut akan dibagi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK) sehingga dilapangan tidak terjadi penerimaan ganda kepada masyarakat, Pungkasnya.

Disisi lain Kabag Ops Polres Salatiga, Kompol Sairi menerangkan, agenda kegiatan Operasi Ketupat Candi 2020, sudah dimulai pada (24/04/2020) dan akan genap 37 hari dalam melaksanakan OKC 2020 berakhir pada tanggal (30/05/2020).

Pada kesempatan ini pula, disampaikannya mengenai masyarakat yang positif terjangkit Covid 19 di Kota Salatiga terhitung per-tanggal (04/05/2020) ada 11 orang, dengan rincian berhasil sembuh 7 orang dan 4 orang masih dalam perawatan di RSUD Kota Salatiga, Jelasnya.

OKC 2020 bertujuan untuk melarang masyarakat melakukan Mudik Lebaran 2020 guna mencegah penyebaran virus corona semakin luas lagi, dengan demikian masyarakat bisa merasakan aman dan nyaman disaat melaksanakan Ibadah Puasa dan merayakan Hari raya Idul Fitri yang ke 1441H, sehingga terwujudnya Harkamtibmas yang Kondusif, Tandasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Salatiga, Sitqon Effendi juga tidak ketinggalan untuk memaparkan serangkaian program tugasnya dalam kesiapan dan persiapan didalam menyambut Idul Fitri 2020 dan masa pandemi Covid 19 di Kota Salatiga, data grafiknya untuk lalu lintas angkutan umum periode Bulan April 2020 mengalami penurunan volume kendaraan di Kota Salatiga, ini merupakan salah satu bukti bahwa kesadaran masyarakat dalam mentaati aturan Pemerintah didalam memutus mata rantai Covid 19 telah berhasil.

Persiapan rambu lalu lintas, Wather Barier dan kesiapan personil untuk Pos pam dan Posko Covid 19 sudah siap siaga, Terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga juga mengambil bagian didalam kesiapan menghadapi penanganan Idul Fitri 2020 dan Covid 19, pihaknya sudah menyiapkan 6 Rumah Sakit berdasarkan Klasmen antara lain, 1 SK Kemenkes, 2 SK Gubernur Jawa Tengah dan 3 SK Walikota Salatiga.

Selain itu juga disiapkan rumah singgah sehat di gedung Sinode dan Screening di Terminal Tingkir dan pihaknya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran Polres Salatiga yang telah mendonorkan darah untuk persediaan di RSUD Kota Salatiga, Pungkasnya. ( Indra Garuda )