Toko Swalayan Modern Di Ungaran Di Segel Tapi Tetap Di Buka.

.

Toko Swalayan Modern Di Ungaran Di Segel Tapi Tetap Di Buka.

Minggu, 10 Mei 2020
Alfamart Jl Ahmad Yani Ungaran tetap buka mesti sudah di segel oleh petugas.

UNGARAN, bhayangkaraperdana.com - Toko modern berjejaring yang telah disegel Satpol PP bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Semarang nekat kembali buka.

Sejumlah toko modern tersebut tetap buka melayani pembeli keluar masuk seperti biasa, meski di pintu kaca masih ditempel segel dari Satpol PP bertuliskan “Bangunan dan atau Kegiatan di dalam Bangunan ini DIHENTIKAN Melanggar Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2018.”

Penjaga toko modern ketika ditemui mengaku tidak tahu-menahu adanya larangan buka setelah toko disegel.

Kepala Toko Alfamart Jalan Ahmad Yani Ungaran, Cholil juga mengatakan, " toko tetap buka mengikuti arahan pimpinannya di Semarang. Pada Jumat malam(8/5/2020) pintu roling terlihat sebagian ditutup, namun masih ada sela buka.

Pembeli terlihat masih keluar masuk melalu sela tersebut. Alasan toko tetap buka menurut Cholil karena akan ada barang yang datang.

“Saya tidak tahu soal segel, katanya sudah diurus pimpinan di Semarang, toko masih boleh buka setelah perizinannya diurus. Baru tadi sore ada perintah ditutup, ini masih buka sedikit karena ada barang mau datang,” ujarnya, Jumat (8/5/2020) malam.

Manager Perizinan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) wilayah Semarang, Joko Arifin mengatakan ada 5 toko modern Alfamart yang disegel Pemkab Semarang hari Rabu(6/5/2020). Toko masih buka karena ada penataan barang yang memiliki masa kedaluwarsa pendek seperti ice cream, roti, dan buah yang harus diambil," katanya.

“ Saat disegel masih ada barang kita yang mau habis masa kedaluwarsa, jadi kita buka untuk menata dan mengambil barang-barang tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, kelima toko tersebut mulai Sabtu (10/5/2020) hari ini sudah diperintahkan untuk tutup. Pihaknya mengakui memang ada persyaratan perizinan yang belum dipenuhi.

" Besok kami pastikan seluruh toko yang disegel kita tutup. Kita masih mengurus izinnya, persyaratan akan kita lengkapi," jelasnya.

Kepala Disperindag Kabupaten Semarang Heru Cahyono mengatakan, " izin toko modern yang telah disegel bersama Satpol PP sampai saat ini belum ada yang melengkapi," katanya.

" Belum ada yang beres mas, masih kita segel. Kalau masih buka kita akan kembali ambil tindakan," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 15 toko modern atau swalayan di Kabupaten Semarang terpaksa dihentikan beroperasi oleh Disperindag Kabupaten Semarang.
Hingga sabtu(9/5/2020) malam terlihat toko swalayan modern tutup semua.

Petugas gabungan dari Disperindag bersama Satpol PP Kabupaten Semarang melakukan penutupan usaha dengan menyegel bagian depan toko modern yang diantaranya adalah Alfamart.(rie)