Pertama Di Kabupaten Semarang Maupun Indonesia Pencanangan Pasar Tangguh Nusantara Candi

.

Pertama Di Kabupaten Semarang Maupun Indonesia Pencanangan Pasar Tangguh Nusantara Candi

Minggu, 21 Juni 2020

SURUH, bhayangkaraperdana.com - Jelang Penerapan New Normal (Normal Baru) Pencanangan Pasar Tangguh Nusantara Candi Pasar Suruh merupakan Inovasi Pertama di Kab. Semarang dan di Indonesia, Jumat (19/6/2020).

Bupati Semarang, Mundjirin, menjelaskan, pemakaian masker menjadi salah satu syarat untuk pedagang dan konsumen pasar melakukan aktivitas jual beli di pasar. Selain itu protokol kesehatan lainnya yaitu jaga jarak (sosial distansing) antar pedagang minimal 1,5 meter, tak bersalam-salaman, dan pengecekan suhu juga dilakukan di pasar.

" Virus Covid-19 belum tahu kapan selesainya. Ada tatanan normal baru, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, jangan sampai salam salaman," jelasnya.

" Dan Pasar Suruh Kabupaten Semarang menjadi proyek percontohan di Kabupaten Semarang. Setelah ini Pemkab Semarang dan Polres Semarang mengoptimalkan pengecekan protokol kesehatan di semua pasar di Kabupaten Semarang," imbuhnya.

 Awak media menanyakan terkait anggaran pemberian APD bagi penjual dan pembeli di pasar, Mundjirin tak memberikan jawaban spesifik. Hanya saja menurutnya Pemkab beberapa kali membagikan masker.

Dirbinmas Polda Jateng, Kombes Pol Lafri Prasetyono, menambahkan, " pencanangan Pasar Tangguh Nusantara Candi ini baru dicanangkan pertama kali di Kabupaten Semarang, itupun di Mulai dari Pasar Suruh ini," kata kombes pol Lafri.

" Pembeli dan penjual harus selalu menerapkan protokol kesehatan. Maka Bupati, dan kepala Diskumperindag menjelaskan harus ada hand sanitizer, alat cuci tangan, dan ada petugas untuk mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak saat beraktifitas dipasar," tambahnya.(Bintang)