BACK TO NATURE UNTUK MENJAGA KESUBURAN TANAH

.

BACK TO NATURE UNTUK MENJAGA KESUBURAN TANAH

Rabu, 29 Juli 2020

GROBOGAN, bhayangkaraperdana.com Guna menjaga kelestarian serta kesuburan tanah sudah saatnya kembali pada proses alami ( back to nature ).
Hal tersebut guna menekan tingkat ketandusan tanah serta kerusakan tanah pertanian yang lama berinteraksi dengan zat - zat kimia.
Demikian keterangan yang disampaikan Camat Toroh Drs. Muhamad Arifin , pada acara Musdes Pelaksanaan Pembangunan Desa Tambirejo.¹

Pihaknya juga menyampaikan tentang “ Back to nature perlu dilaksanakan dimulai dari tanah milik Pemerintah Desa, serta tanah pertanian milik warga.
Senada dengan Kepada Desa Tambirejo Y.R  Puspitanianta S.Sos ketika ditemui awak MBP, Selasa ( 27/7/2020)

Bahwa dengan menjaga kesuburan tanah milik desa yang disewakan kepada warganya salah satu cara  dengan  memberikan bantuan pupuk organik kepada para penyewa tanah kas desa.

" Pada bulan ini langsung diaksanakan pemberian pupuk organik sehingga tanah desa yang disewakan kepada masyarak bisa terjaga kesuburannya." Terang Kades Tambirejo.

Memasuki musim kemarau saat ini, Pemerintah Desa Tambirejo bekerja sama dengan Gapoktan Sedyo Utomo Desa Tambirejo, memberikan bantuan pupuk organik kepada 250 orang petani penyewa tanah kas desa yang  masing masing per petaknya mendapatkan bantuan 4 sak pupuk organik  atau kurang lebih 80 kg
Pupuk langsung didistrbusikan ke lokasi masing- masing kelompok tani yang ada di  masing - masing dusun.
 Petani penyewa tanah kas desa sangat bersyukur dengan adanya bantuan pupuk organik tersebut,  dan pupuk langsung digunakan sebagai urugan/ penutup lobang tanaman jagung.

Dengan program bantuan pupuk organik ini Pemerintah Desa Tambirejo berharap agar kesuburan tanah tetap terjaga, karena telah puluhan tahun terkontaminasi dengan adanya penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Proses pemulihan kesuburan tanah dengan pupuk organik tidak bisa instan menyuburkan tanaman, namun butuh waktu beberapa tahun.

 Hal tersebut atas saran Camat Toroh kepada Kepala Desa Tambirejo yang masa jabatan periode ke tiga ini masih cukup panjang sampai awal tahun 2025 maka  melaksanakan program bantuan pupuk organik kepada warganya bisa dilaksanakan secara terus menerus sehingga  program ini bisa berlangsung untuk tahun – tahun berikutnya.
Dengan demikian tambah Camat Toroh kemungkinan besar kesuburan tanah akan kembali seperti dulu kalai, sebelum adanya pupuk kimia. Jadi nantinya penggunaan pupuk kimia akan lebih terkendali dan lebih hemat biayanya.

Dengan menjalankan diprogram ini secara disiplin mudah - mudahan apa yang menjadi langkah awal pelestarian alam untuk menjaga kesuburan tanah ini yang nantinya bisa dinikmati generasi yang akan datang," Jelas Camat Toroh. (Imam)