DISPORABUDPAR KAB. GROBOGAN DAN TEAM BPCB PROV JATENG DATANG DILOKASI PENEMUAN ARCA.

.

DISPORABUDPAR KAB. GROBOGAN DAN TEAM BPCB PROV JATENG DATANG DILOKASI PENEMUAN ARCA.

Senin, 14 September 2020

 

GROBOGAN, bhayangkaraperdana.com - Pasca diketemukannya arca oleh warga Dusun Segorogunung Desa Nglinduk Kec. Gabus akhirnya Tiem gabungan antarai BPCB Jateng dan Disporabudpar bidang Kebudayaan kab. Grobogan datang ke lokasi.

Pasalnya kedatangan Tiem gabungan yang didampingi jajaran Piksek Gabus dalam rangka pengecekan awal penemuan Arca peninggalan Purbakala/sejarah.

Hadir dalam kunjungan tersebut Kapolsek Gabus IPTU Sunarto,SH beserta anggotanya, Team BPCB Provinsi Jateng yaitu ; Denny beserta Rombongan dan selanjutnya Team Disporabudpar bidang kebudayaan  Kukuh dan stafnya.

Dalam keterangannya, Kades Nglinduk Sugiarto yang didampingi Kadus Segoroginung Susilo

mengucapkan terimakasih kepada pihak - pihak yang telah bersedia mengamankan dan melindungi hasil penemuan benda tersebut. Senin(14/9/2020).

Dan dirinya berpesan kepada Kadus Segorogunung untuk selalu memberikan info apabila nanti warga menemukan benda serupa.

Hal sama juga disampaikan oleh Tim BPCB Deni yang menyampaikan banyak terimakasih kepada warga Dusun Segoro gunung yang telah melaporkan penemuan benda bersejarah tersebut sehingga penemuan ini terhindar dari pencurian oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

" Kami dari BPCB akan menindaklanjuti langkah selanjutnya dengan koordinasi Tim BPCB Prambanan terlebih dahulu, dan hasilnya akan kami sampaikan ke Disporabudpar Kab. Grobogan." terang Dani

Dan Dani juga berterima kasih kepada  Kadus yang telah menyimpan penemuan benda tersebut sehingga tidak rusak atau hilang. 

Untuk sementara benda tersebut masih di simpan dan diamankan.

Serta pihaknya berpesan kepada warga jangan menggali ditempat tersebut dan menunggu hasil dari BPCB Provinsi setelah dilaksanakan observasi terlebih dahulu.

Sampai berita diturunkan  Kades Nglinduk  Sugiyarto selanjutnya mohon petunjuk dan arahan langkah apa yg harus di perbuat supaya benda tersebut tidak jatuh ke tangan orang yg tidak bertanggung jawab.

Kapolsek Gabus IPTU Sunarto, S.H juga menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya kepada semua pihak terkait penemuan Arca peninggalan sejarah dan ini sebagai antisipasi pengunjung yang ingin melihat Arca agar selalu menerapkan protokol kesehatan covid-19 untuk cegah penyebaran pandemi Covid-19.


" Semua pihak kami harapkan untuk bersama-sama mengamankan Arca peninggalan sejarah selama masih disimpan di Rumah Pak Kadus, " Terang Kapolsek Gabus

Selah dilaksanakan pengamatan ke benda dan lokasi penemuan oleh BPCB Provinsi Jateng diperkirakan dahulunya tempat penemuan benda tersebut adalah tempat pemandian dan pemujaan agama Hindu karena lokasinya berdekatan dengan sumber mata air.

Selanjutnya untuk keamanan Lokasi penemuan akan dipasang Papan Himbauan Peringatan (dilarang ada giat penggalian) dan dipasang Police Line dari Polsek Gabus. (Imam)