Bendahara Desa Soka Diduga Selewengkan keuangan Desa Serta Gandakan Stempel, Kades Belum Berikan Sangsi.

.

Bendahara Desa Soka Diduga Selewengkan keuangan Desa Serta Gandakan Stempel, Kades Belum Berikan Sangsi.

Kamis, 12 November 2020

 

Klaten, bhayangkaraperdana.com - Bendahara Desa Soka Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten berinisial AS diduga selewengkan keuangan desa dan penggandaan stemple milik desa. Kejadian dilakukan oleh AS sekitar beberapa bulan lalu.

Menurut salah seorang warga Soka yang juga LSM Selamet Darsono mengungkapkan, penyelewengan dan penggandaan stemple dilakukan tanpa sepengetahuan Kades, terkait penyelewengan keuangan desa AS memalsukan stample dan stample TPK desa kemudian dalam pengambilan dana ke Bank tanpa koordinasi dengan Kades, " ungkap Selamet vegos

Dengan adanya kejadian tersebut, kemudian Kades beserta perangkat dan unsur lembaga desa termasuk BPD mengadakan rapat, beberapa anggota BPD yang ikut rapat menuntut yang bersangkutan As diberikan sanksi diberhentikan sebagai Perangkat Desa Soka, karena telah menggunakan keuangan desa  untuk keperluan pribadi dan menggandakan stample desa serta stample TPK desa, tuntut anggota BPD diwaktu rapat.

Kades Soka Sri Mawarni ketika dikonfirmasi perihal tersebut menjelaskan, terkait AS sebagai bendahara Desa Soka yang bersangkutan sudah mengakui segala yang dilakukan diperkuat dengan surat pernyataan dirinya tanggal, 12 Oktober 2020 dan disaksikan oleh perangkat dan lembaga desa.

Dengan pengakuan tersebut selanjutnya As akan kami proses melalui penyelesaikan secara intern desa, namun jika tidak bisa akan kami lanjut ke proses hukum, jelas Kades ditemui dikantornya, (2/11).

Hingga sekarang penyelesaian terbaik tetap kami kedepankan dan yang bersangkutan saat ini juga belum kami berikan sanksi, kami harapkan proses dapat secepatnya selesai namun  kami masih menunggu rekomendasi dari Kecamatan Karangdowo terkait pemberian sangsinya, untuk kerugian belum bisa kami sampaikan besar nominalnya, pungkas Kades yang juga istri dewan ini. 

Sementara Camat Karangdowo Tomi Sila Adhitama APM M saat di temui awak media menerangkan bahwa persoalan yang ada di desa Soka tersebut masih di mediasi ( pembinaan) oleh perangkat desa tersebut, akan tetapi apabila jalan mediasi tidak ada titik temu terpaksa akan dilanjutkan ke ranah hukum, "  unggkapnya di kantor kecamatan. ( ang.s).