KANNI HADIR DI GROBOGAN SIAP ADAKAN PENDAMPINGAN HUKUM UNTUK DESA

.

KANNI HADIR DI GROBOGAN SIAP ADAKAN PENDAMPINGAN HUKUM UNTUK DESA

Jumat, 25 Desember 2020

 

Rakor Pimpinan KANNI Jawa Tengah dengan Pengurus KANNI kab Grobogan

GROBOGAN, bhayangkaraperdana.com – Komite Advokasi Hukum Nasional Indonesia (KANNI) Pimpinan Daerah Jawa tengah pasca melakukan konsolidasi dan koordinasi ke kantor Pimpinan pusat yang berada di Jl. Curug Raya Permata Timur Blok A Nomor 25 Pondok Kelapa Duren Sawit Jakarta Timur pada Senin 21 Desember 2020 lalu berencana akan membuka kantor cabang di kab Grobogan.

Pasalnya Kab Grobogan yang terdiri dari 265 Desa/ Kelurahan dan terluas se Jawa Tengah setelah kab Cilacap ini sangatlah tepat menjadi pilot projeck percontohan pembangunan kawasan desa.

Bahkan dalam lomba desa kab.Grobogan sering mendapat juara di tingkat Jawa Tengah.

Dengan adanya Dana Desa serta ADD akan membuat APBDes semakin besar.

Bahkan desa yang ada di kab Grobogan rata - rata mengelola anggaran Milyaran rupiah. Dana yang cukup fantastis sehingga banyak LSM dan Ormas dan awak media sering mengkritisi penggunaan anggaran desa.

Hal tersebutlah yang terkadang membuat Kepala Desa tidak nyaman oleh karena keterbatasan SDM yang dimiliki dalam mengelola anggaran yang besar tersebut.

Hadirnya KANNI diharapkan menjadi payung hukum pemerintahan desa sehingga Kepala  Desa bisa nyaman  dalam membangun desanya.

Adanya Posbakum (Pos Bantuan Hukum) yang ditawarkan KANNI diharapkan bisa mengurangi beban dan pikiran Kepala Desa ketika terbentur persoalan hukum.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ali Mas' ud selaku ketua KANNI  Pimda Jawa Tengah dalam kegiatan sosialisasi sekaligus pembentukan KANNI di kab Grobogan. Jum'at ( 25/12/2020 )

Disampaikan Ali Mas'ud kepada awak MBP bahwa konsolidasi dan koordinasi di kab Grobogan bertujuan untuk perkuatan kelembagaan dan pematangan program  oleh pimpinan daerah Jawa Tengah kepada Pengurus KANNI kab Grobogan.

" KANNI Pimcab Grobogan harus optimis dan bisa dalam mensosialisasikan persoalan Hukum ditengah masyarakat sehingga pelanggaran Hukum bisa ditekan." Terang Ali Mas' ud.

Ditambahkannya dengan program Posbakum yang akan ditawarkan KANNI kepada pemerintah desa dan perusahaan baik pemerintah atau swasta diharapkan pejabat dan pelaku usaha bisa nyaman.Jelas Ali Mas' ud. 

KANNI adalah salah satu lembaga yang mempunyai kerja sama langsung dengan POLRI melalui nota kesepahaman dengan nomor M.o.U: B/39/VII/2018 dan perjanjian Kerja Sama Nomor : B/40/VII/2019 maka dalam menjalankan tugasnya KANNI diharapkan masyarakat bisa sadar hukum bisa terealisasikan.

Disamping  program Posbakum, KANNI berencana akan membuat program Safety Driver seeuai arahan dan petunjuk dari Pimpinan KANNI pusat.

Ali Mas' ud yang memiliki keahlian dibidang cinema yang telah memproduksi film layar lebar dengan judul " surub " ini akan berencana membuat program film dokumenter atau film pendek pesan sosial untuk pemkab Grobogan dengan mengangkat potensi serta kearifan lokal Kab.Grobogan (IM@m)