OPERASI YUSTISI DALAM RANGKA KEBAIKAN BERSAMA

.

OPERASI YUSTISI DALAM RANGKA KEBAIKAN BERSAMA

Rabu, 20 Januari 2021
Nurnawanta Ka.Satpol PP Kab Grobogan

 GROBOGAN, bhayangkaraperdana.com - Mengingat masih tingginya kasus Covid-19 di kab Grobogan, membuat Satpol PP dan tim gabungan gencar menggelar operasi yustisi .Adapun pelanggar dalam kegiatan itu dihukum bermacam - macam sesuai tingkat pelanggarannya. Dan prmberian hukuman terutama yang tidak menggunakan masker lain dari pada yang lain. Hal tersebut disampaiakn oleh Nurnawanta S.IP selalu Ka.Satpol PP kab Grobogan Selasa ( 19/1/2021 ) di ruang kerjanya.

Ditambahkannya bahwa pihaknya dalam masa pandemi ini sering melakukan sosialisasikan protokol kesehatan lewat pengeras suara.

“Operasi yustisi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 akan melibatkan sejumlah pihak. Yakni Satpol PP, Polres Grobogan, Kodim 0717 Grobogan, BPBD, Dishub, dan Dinkes Grobogan,” Jelas Nurnawanta.

Ditambahkannya operasi yustisi digelar di seluruh wilayah Kabupaten Grobogan sesuai jadwal. Seperti pada hari Sabtu digelar di objek wisata Jati Pohon dan Pasar Babadan, Putatsari. Kedua lokasi tersebut berada di Kecamatan Grobogan.

Pada kegiatan operasi yustisi di Grobogan tersebut, Nurnawanta mengatakan sebagai penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19. Yakni dengan melaksanakan himbauan dan penegakan hukum pelanggar protokol kesehatan. Hal ini sesuai Perbup Grobogan No. 48/2020.

“ Perbup tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19,” ujar Nurnawanta.

Adapun pelanggar bisa diberikan sanksi sosial berupa pembinaan bisa juga menyapu dan menghafal Pancasila ataupun lainnya seperti membacakan teks protokol kesehatan.

" Kami lebih cenderung kepada pendekatan persuasif mengingat masyarakan bermacam karakternya." Terang Nurnawanta yang sebelumnya menjabat Camat Grobogan.

Ketika kita mengingatkan para PKL yang disitu terjadi kerumunan kita berusaha mengkomunikasikan dengan teguran dan bahasa baik sehingga PKL bisa menerima kedatangan kita." Imbuhnya

Adapun dari data ketika melakukan operasi yustisi ditemukan masih banhak yang tidak Pakai Masker di objek wisata Jatipohon.

Di Pasar Babadan Putatsari, Kecamatan Grobogan operasi yustisi menjaring 73 pelanggar. Jenis pelanggarannya tidak memakai masker 62 orang. Kemudian membawa masker tapi tidak dipakai 11 orang,” ungkap Nurnawanta.

Pelanggar tidak menggunakan masker terdiri dari laki-laki 43 orang, dan 19 perempuan. Bawa masker tapi tidak dipakai 7 laki-laki, 4 perempuan. Nurnawanta menyampaikan rata-rata usia pelanggar di bawah 19 tahun 20 orang. Kemudian usia 20-39 tahun, 31 orang, dan di atas 40 tahun 22 orang.

Pihak Satpol PP secara bergantian sampai saat ini masih melakukan operasi baik gabungan dan mandiri dengan memutari jalan protokol yang ada Purwodadi termasuk Taman Kota dan tempat - tempat lain yang disinyalir menimbulkan kerumunan. (Im@m)