Pasar jadi, Dandim Pesan jangan ada gejolak saat pembagian lapak.

.

Pasar jadi, Dandim Pesan jangan ada gejolak saat pembagian lapak.

Rabu, 03 Februari 2021

 Wonosobo, bhayangkaraperdana.com - Eko Purnomo selaku Bupati Wonosobo secara resmi meresmikan proyek tahun 2020.  Salah satu proyek tersebut adalah pembangunan pasar Induk Wonosobo melalui proses yang cukup panjang,Rabu (03/02/2021).

Dalam sambutannya Eko Purnomo mengucapkan,“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT. Delima Agung Utama, yang telah melaksanakan dan menyelesaikan pembangunan Pasar Induk Wonosobo. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan ini adalah 139 Milyar 963 Juta 046 Ribu Rupiah, yang bersumber dari APBD Kabupaten Wonosobo Tahun Anggaran 2019 sebesar 76 Milyar 391 Juta 830 Ribu Rupiah, dan dari APBD Kabupaten Wonosobo Tahun Anggaran 2020 sebesar 63 Milyar 571 Juta 216 Ribu Rupiah. Dana ini telah berhasil digunakan, sehingga berdirilah Pasar Induk ini dengan berbagai fasilitas modern. Harapan kami, semua pengguna Pasar Induk dapat menjaga dan merawat semua fasilitas yang ada, sehingga tetap awet dan dapat digunakan dengan baik dalam waktu yang lama.”

Pembangunan Pasar Induk Wonosobo menjadi hal yang sangat penting, terutama oleh teman-teman pedagang yang selama ini kehilangan tempat representatif untuk melakukan aktifitas jual beli. Syukur alhamdulillah, pembangunan pasar induk telah selesai dilaksanakan. Meskipun demikian, penyempurnaan demi penyempurnaan harus senantiasa dilakukan, agar dapat menjamin keamanan, kelancaran dan kenyamanan penyelenggaraan kegiatan jual-beli. 

Kami telah memberikan pengarahan kepada Dinas terkait untuk penyempurnaan pasar dan menghimbau kepada Dinas-Dinas terkait untuk segera menyiapkan sistem perangkat aturan dan teknis penataan lainnya supaya pemanfaatan ruang pada Pasar Induk Wonosobo sesuai dengan rencana peruntukannya. 

“Harapan kita semua dengan beroperasinya Pasar Induk dapat menjadi faktor pengungkit perekonomian daerah. Para pedagang di Pasar Induk juga perlu memperbaiki mindset, agar dapat tetap bertahan dalam persaingan pasar saat ini. Masyarakat sudah tidak asing dengan adanya pasar online yang dinamis, mudah, dan cepat serta relatif kompetitif dalam hal harga. 

Kami berharap pedagang di Pasar Induk ini dapat berinovasi sehingga memiliki daya saing tinggi, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, menjaga kebersihan dan kerapian pasar agar kegiatan jual-beli di Pasar Induk Wonosobo menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan. Bahkan pasar induk yang megah ini dapat ditata dengan indah, sehingga bisa menjadi destinasi pariwisata” pungkas Bupati.

Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat saat mendampingi peresmian pasar induk titip pesan kepada Calon Bupati Terpilih Afif Nurhidayat menyampaikan “saat ini pembangunan pasar induk telah selesai dan sudah diresmikian.  Sebentar lagi para pedagang akan memasuk lapak masing – masing. 

Sehubungan hal terebut sudah menjadi tradisi para pedagang tidak puas dengan pembagian lapak.   Untuk itu sebagai pejabat baru agar sebisa mungkin permasalahan tersebut bisa diminimalir, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang besar.”

Dandim berpesan “setelah nanti pasar ditempati agar petugas dengan tegas melarang para pedagang menempati tempat – tempat yang semestinya bukan untuk berjualan seperti jalan masuk, lorong – lorong pasar dan sebagainnya sehingga pasar tersebut akan terasa nyaman sehingga para pembeli senang masuk pasar tradisional.” (heri/hms)