Dua Tahun Sejak Pergantian Pengurus BUMDESMA Di Kecamatan Girimarto Tidak Ada Laporan Pertanggung Jawaban.

.

Dua Tahun Sejak Pergantian Pengurus BUMDESMA Di Kecamatan Girimarto Tidak Ada Laporan Pertanggung Jawaban.

Jumat, 26 Maret 2021

 


Laporan : Anang S.


WONOGIRI, bhayangkaraperdana.com - BUMDESMA Lenggar Bujo Giri di Kecamatan Girimarto sejak peralihan ketua pengurus tahun 2019 lalu hingga sekarang BUMDESMA  Lenggar Bujo Giri belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri.


Kabid pembangunan pemberdayaan masyarakat (PPLK) Sulardi ketika ditemui.dikantornya, (24/3)  menjelaskan, " Bahwa dirinya belum pernah mendapatkan laporan pertanggungjawaban terkait BUMDESMA Lenggar Bujo Giri Kecamatan Girimarto sejak menjabat Kabid PPLK di PMD pada bulan Januari 2020 hingga sekarang". jelas Sulardi ditemui dikantor PMD Kabupaten Wonogiri, Rabu (24/3).


Dikatakan, BUMDESMA Lenggar Bujo Giri berdiri pada tahun 2016, setelah bantuan ternak sapi terpadu jenis Lemosin dari Kemendes PDTT turun. Dalam pengelolaan dan pengembangannya penjualan per 4 bulan sekali, namun kenyataannya sampai sekarang belum ada laporan terkait hal tersebut, oleh karenanya dari Dinas PMD akan menelusuri keberadaan ternaknya hingga sekarang.


Selanjutnya, di tahun 2016 hingga 2018 LPJ nya sudah, namun sejak pergantian ketua pengurus tahun 2019 LPJ belum pernah disampaikan, dari PMD sendiri sudah pernah menanyakan ke ketua dan pengurus termasuk soal susunan pengurus yang sekarang.


Sebagian sapi yang sudah dijual dan mendapatkan uang dari hasil penjualan sapi sebesar 1,6 milyar dialokasikan ke pembangunan pabrik pakan ternak yang berada di 2 lokasi yaitu di Desa Girimarto dan Desa Waleng, namun sekarang sudah berhenti produksi alias mandeg, tutupnya.