Kapolsek Kerjo Pimpin Penanaman Pohon Akibat Kebakaran Lahan.

.

Kapolsek Kerjo Pimpin Penanaman Pohon Akibat Kebakaran Lahan.

Sabtu, 06 Maret 2021

 

KARANGANYAR, bhayangkaraperdana.com - Reboisasi adalah penanaman hutan yang sudah gundul karena di tebang atau sebab bencana alam seringkali dilaksanakan pada hutan atau lahan kosong atau gundul. Begitu halnya yang dilakukan Kapolsek KERJO AKP Murtiyoko di Dusun Bonglot Desa Jenawi kecamatan Jenawi, Rabu (03/03/2020).

Dalam kegiatan tersebut,Kapolsek Kerjo menggandeng Lembaga Kemasyarakatan SAPU JAGAD dan para relawan Cemoro Lawu Jenawi yang dimana mentikberatkan penanaman di lokasi bekas kebakaran pada bulan Agustus - September tahun 2018. Adapun Pohon yang ditanam berjumlah 2500 pohon terdiri dari tanaman keras dan tanaman buah. "Maksud dan tujuan dari penanaman pohon yaitu untuk memulihkan penghijauan serta mengembalikan kondisi seperti semula sebelum terjadinya kebakaran, sehingga untuk hewan yang habitatnya di gunung tidak turun ke lahan pertanian atau pemukiman warga guna mencari makan", ujar AKP Murtiyoko kepada awak media bhayangkaraperdana.com

Turut hadir pula dalam acara itu Camat Jenawi dan unsur Forkopimcam Jenawi serta ketua Lembaga Sapu Jagad Robby Wahyudi beserta anggotanya."Penghijauan merupakan salah satu perbuatan mulia, karena pohon merupakan makhluk Tuhan yang mempunyai segudang manfaat antara lain sebagai sumber penghasil oksigen, menyerap air mencegah terjadinya banjir, mencegah terjadinya tanah longsor dan mencegah kekeringan", tegas AKP Murtiyoko. Kegiatan berjalan aman lancar dan kondusif serta mendapatkan apresiasi dari warga setempat. (Gun)