PENGAWASAN PENGISIAN PERANGKAT DESA ADALAH HAK SETIAP WARGA.

.

PENGAWASAN PENGISIAN PERANGKAT DESA ADALAH HAK SETIAP WARGA.

Rabu, 12 Mei 2021

 

Ketua Komisi A DPRD Kab Grobogan, 
Musafak, SH

Laporan : Imam Suranto | Kontributor



GROBOGAN, bhayangkaraperdana.com - Pengawasan Pengisian Perangkat Desa adalah hak setiap warga dan syah syah saja hanya saja jangan menbulkan kegaduhan.

Demikian keterangan yang disampaikan oleh Ketua Komisi A DPRD kab Grobogan Musafak SH kepada awak MBP, Selasa, 11/5/2021 ) di ruang kerjanya.


Sedangkan pengisian kekosongan perangkat desa di wilayah Kabupaten Grobogan setelah diawali dengan tahapan sosialisasi yang telah dilakukan beberapa minggu yang lalu di balai desa masing - masing.


Untuk tahap selanjutnya, yakni pembukaan pendaftaran calon peserta ujian perangkat desa serta pelaksanaan ujian seleksi, memerlukan suatu pengawasan yang baik agar hasilnya tidak menyimpang dari rencana yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara. 


Terang Safak dengan bijaksana.

Terkait pengawasan seleksi perangkat desa di Kabupaten Grobogan, menurut mantan Kepala Desa Putat Purwodadi  mekanismenya diserahkan kepada pihak ketiga atau masyarakat.


“ Monggo silakan masyarakat dengan Lembaganya atau forum tidak apa-apa dalam melakukan pengawasan yang penting bisa melancarkan upaya seleksi tersebut, dan tidak membuat kegaduhan ditengah - tengah masyarakat. " ungkap Ketua Komisi A DPRD Grobogan Musafak biasa akrap disapa,


Kepada awak MBP juga menengarai adanya oknum yang mengatasnamakan LSM yang ingin mengawasi jalannya seleksi perangkat desa di Grobogan.


“ Ya, prinsipnya LSM boleh, tapi jangan yang abal-abal. LSM yang kredibel secara hukum dan legal, ” tegasnya.


Lebih jauh dijelaskannya bahwa saat pengawasan terhadap pelaksanaan seleksi pengisian perangkat desa akan dilakukan LSM yang sudah tercatat di Kantor Kesbangpol Grobogan serta sudah ada SKT dari Kesbangpol. 


Sedangkan Forum Pengawas Pengisian Perangkat Desa (FP3D) yang dibentuk oleh insan pers di Kabupaten Grobogan pihaknya memberikan apresiasi dengan harapan bisa menjalankan fungsinya secara baik.


Sementara Ketua Demang Manunggal Kab Grobogan Drs Handoko, saat dikonfirmasi menjelaskan, untuk sistem pengawasan terhadap pelaksanaan seleksi perangkat desa, pihaknya tidak merencanakan menunjuk lembaga tertentu, tapi diserahkan kepada siapa saja pihak-pihak yang mau melakukan pengawasan.

Menurutnya, pelaksanaan ujian seleksi calon perangkat desa pada 7 Juni 2021 mendatang, akan menjadi lebih ketat karena adanya pengawasan tersebut.


“Pokoknya saya tidak menunjuk suatu lembaga. Silakan pihak-pihak yang mau membantu dipersilakan asal bisa sesuai tupoksinya,” Terang Handoko.