Dandim 0714/Salatiga Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual.

.

Dandim 0714/Salatiga Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual.

Rabu, 02 Juni 2021

 

Istimewa


Laporan. : Yulianto | Kontributor

Sumber.   : Pdm 


SALATIGA, bhayangkaraperdana.com - Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P Dandim 0714/Salatiga bersama Forkopimda  kabupaten Semarang melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual dengan tema "Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh" bertempat Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang,Selasa (01/06)


Tujuan diperingati hari lahirnya Pancasila adalah untuk membulatkan tekad guna meneruskan perjuangan, mengawal, mengamankan dan mengamalkan Pancasila secara gigih sesuai dengan naluri amal bakti para Pahlawan Revolusi.


Kegiatan ini berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan seperti memakai masker dan tetap psysical distancing atau jaga jarak.


“Peringatan hari lahir Pancasila secara virtual yang digelar ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia,” kata Dandim 0714/Salatiga.


Upacara Kelahiran Pancasila yang di pimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Naskah UUD 1945 oleh Ketua DPR Puan Maharani.


Dalam amanatnya Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengatakan peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan bernegara.


“Saya mengajak kepada seluruh aparat Pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, Generasi Muda Indonesia dan seluruh Rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila. Dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita Cita-citakan. Selamat meperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucap Ir. H. Joko Widodo secara virtual dari Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Jakarta.


Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 diikuti oleh seluruh Pemerintah Daerah di Indonesia secara virtual. Ini dilakukan Pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona.


Dimana setiap peserta upacara baik di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Jakarta maupun di masing-masing daerah diseluruh Indonesia tetap selalu mempedomani protokol kesehatan. Seperti selalu memakai masker dan menjaga jarak sosial.