Kapolres Klaten Berikan Penghargaan Peraih Juara Kepada Anggotanya Dalam Lomba Bhabinkamtibmas.

.

Kapolres Klaten Berikan Penghargaan Peraih Juara Kepada Anggotanya Dalam Lomba Bhabinkamtibmas.

Kamis, 10 Juni 2021

 

Istimewa


Laporan. : Dhirga. | Kontributor



KLATEN, bhayangkaraperdana.com - Upacara pemberian penghargaan dilaksanakan di halaman Mapolres yang diikuti oleh personel Polres, para Kapolsek dan perwakilan anggota Polsek jajaran. Rabu (9/6/2021).


Dalam upacara ini terdapat 6 personel yang menerima penghargaan, yaitu Aipda Dinar Setyawan, SH Bhabinkamtibmas desa Pundungan Polsek Juwiring selaku juara 1. Kemudian Aipda Slamet Riyadi SPd.I Bhabinkamtibmas desa Tibayan Polsek Jatinom selaku juara 2. Aiptu Setyo Widyantoro Bhabinkamtibmas desa Taskombang Polsek Manisrenggo selaku juara 3 dan ada 3 juara harapan masing-masing Bripka Lestariono Bhabinkamtibmas desa Duwet Polsek Wonosari, Bripka Sunarto Bhabinkamtibmas desa Kadibolo Polsek Wedi serta Aiptu Tri Hidayanto Bhabinkamtibmas desa Krajan Polsek Kalikotes. Lomba Bhabinkamtibmas tingkat Polres Klaten ini dilaksanakan pada 25 Mei 2021 lalu.


Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu SIK MH yang bertindak selaku inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa lomba Bhabinkamtibmas bertujuan sebagai ajang peningkatan SDM dan saling tukar informasi agar dapat menjadi bhabinkamtibmas yang terbaik  di tengah-tengah masyarakat.


"Harapannya keberadaan bhabinkamtibmas mampu menyerap segala permasalahan, yang pada akhirnya mampu merespon mengakomodir ataupun meredam agar tidak berkembang menjadi luas." ungkap Kapolres 


Kapolres kemudian berpesan agar para penerima penghargaan tetap mempertahankan prestasi dan kinerjanya. Apalagi kedepan, tugas Polri akan semakin berat dengan adanya situasi wabah covid-19 yang tentu akan membawa dampak kamtibmas. Kapolres juga menekankan agar sinergi Polres Klaten dengan stakeholder lainnya terus ditingkatkan guna memastikan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta dalam memutus rantai penyebaran covid-19.


"Jangan merasa cepat puas dengan hasil ini selalu Jalan komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat dalam memelihara stabilitas kamtibmas, serta menjadi contoh teladan dan panutan yang baik bagi masyarakat. Jauhi segala perilaku yang menerapkan yang menyakiti hati masyarakat dan dapat merusak Citra Kepolisian." 


Salah satu inovasi Bhabinkamtibmas yang berhasil menyabet juara 3, rupanya cukup membuat Kapolres berkesan. Inovasi itu adalah rumah baca dan pojok baca yang dirintis oleh Aiptu Setyo Widyantoro. Dengan modal koleksi buku pribadinya termasuk buku milik anak dan istri, ia membangun rumah baca di salah satu rumah warga binaan di desa Taskombang. Selain itu motor dinasnya juga disulap menjadi perpustakaan keliling yang setiap hari melayani peminjaman buku bagi anak-anak dan warga binaan. 


"Pak Kasat Binmas, bisa ditinjau apa yang sekiranya kurang. Nanti kita bantu, kita dorong buku kesana." kata Kapolres


Kepada redaksi tribratanews.klaten.polri.go.id, Aiptu Setyo menjelaskan bahwa rumah baca dan pojok baca yang dibuatnya itu bertujuan untuk ikut berkontribusi mencerdaskan bangsa khususnya anak-anak di lingkungan desa binaan.


"Buku itu kan jendela ilmu, setidaknya kita memberikan wawasan kepada anak-anak melalui buku ini. Apalagi saat ini belum bisa pelajaran tatap muka di sekolah. Kita sedikit membantu." ujar Aiptu Setyo.