Kajari Grobogan dalam Sidak Obat Terapi Covid -19 Menemukan Obat diatas Harga HET.

.

Kajari Grobogan dalam Sidak Obat Terapi Covid -19 Menemukan Obat diatas Harga HET.

Kamis, 22 Juli 2021

 

Istimewa


Laporan : Imam Suramto | Kontributor 


GROBOGAN, bhayangkaraperdana.com - Kajari Grobogan Iqbal yang tergabung dalam Tim Satgas PPKM Darurat Kab Grobogan melakukan operasi diapotik seputar kota Purwodadi. Senin ( 19/7/2021 ).


Dalam giat operasi tersebut telah diketemukan satu obat terapi covid - 19 azhitropicin 500 mg yang dijual dengan harga Rp 400 ribu satu dusnya.


Padahal harga HET ( harga satuan tertinggi ) obat tersebut hanya Rp.17 ribu satu tabletnya dengan isi sepuluh berarti harusnya dijual dengan harga Rp. 170 ribu saja.

Temuan harga obat terapi covid - 19 dengan banderol yang berbeda tersebut diketahui oleh Kajari Grobogan  Iqbal ketika melihat stok yang ada dengan harga di apotik kota Purwodadi.


Ketika dikonfirmasi apoteker yang bertugas diapotik hanya bisa menjelaskan kalau harga itu  sebelum ada keputusan Menteri Kesehatan RI No.HK.01.07 / MENKES / 2021.


Kajari Grobogan Iqbal menyatakan bahwa sidak  obat untuk terapi covid - 19 bertujuan memastikan bahwa ketersedian obat tersebut sudah ada di apotik - apotik atau belum dan harga sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI.


" Dari hasil sidak kami menemukan dua obat saja dari sebelas obat yang telah direkomendasikan Kemenkes RI." Terang Kajari Grobogan putra Aceh ini.


Iqbal juga menambahkan dari pantauan Tim sidak raya - raya apotik di kota Purwodadi sudah menjual obat tersebut.