Bea Cukai Semarang Bersama Pemkab Grobogan Launching Gerakan " Ayo Gempur Rokok Ilegal ".

.

Bea Cukai Semarang Bersama Pemkab Grobogan Launching Gerakan " Ayo Gempur Rokok Ilegal ".

Senin, 01 November 2021

 

Foto: Ist

Laporan. : Imam Suranto | Kontributor


GROBOGAN , bhayangkaraperdana.com - Bea Cukai Semarang bersama Pemerintah Kabupaten Grobogan, TNI dan POLRI resmikan Gerakan “Ayo Gempur Rokok Ilegal” di hotel Kyriad Grand Master Jalan Gajah Mada Purwodadi. ( 29/10/2021) 



Acara dihadiri oleh Anggota Forkopimda dan Forkopimca sekabupaten Grobogan, Staff Ahli Bupati, Sekda Kabupaten Grobogan, Asisten Sekda serta Kepala Dinas dan Instansi terkait.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni SH MM.



Dalam sambutannya Bupati Grobogan mengajak semua komponen yang terlibat dalam gerakan ayo gempur rokok ilegal selalu bersinergi. Artinya terus bersangat dan saling memberikan informarmasi secara bersama dalam memerangi peredaran rokok ilegal. Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan sosialisasi Gerakan Ayo Gempur Rokok Ilegal oleh Sucipto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Semarang. 



Dijelaskan ya bahwa cukai hasil tembakau sangat besar manfaatnya bagi masyarakat karena akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) dengan alokasi sebesar 50% digunakan di Bidang Kesejahteraan Masyarakat, 25% di Bidang Penegakan Hukum dan 25% di Bidang Kesehatan.” Ujar Sucipto. 



Selanjutnya Sucipto melanjutkan dengan mengenalkan ciri rokok illegal agar masyarakat dapat waspada terhadap adanya peredaran rokok illegal dan dapat segera melaporkannya kepada Bea Cukai Semarang maupun kepada Pemerintah Kabupaten Grobogan pada kesempatan pertama agar dapat segera kami tindak lanjuti. Adapun ciri rokok illegal tersebut ada 4 yaitu : rokok yang tidak ditempeli pita cukai, ditempeli pita cukai palsu, ditempeli pita cukai bekas dan ditempeli pita cukai yang berbeda peruntukkannya,


Acara ditutup dengan penabuhan Gong oleh Bupati Grobogan. Melalui Lauching Gerakan “Ayo Gempur Rokok Ilegal” ini diharapkan dapat semakin menarik partisipasi masyarakat di Kabupaten Grobogan untuk selalu waspada dan ikut serta mengawasi serta melaporkan peredaran rokok illegal di Kabupaten Grobogan.