Atasi Hama Tikus Dinas Pertanian kabupaten Grobogan Terapkan Gropyokan.

.

Atasi Hama Tikus Dinas Pertanian kabupaten Grobogan Terapkan Gropyokan.

Rabu, 15 Desember 2021

 


Laporan. : Imam S | Kontributor


GROBOGAN,bhayangkaraperdana.comMasalah hama tikus memang tidak ada habisnya.Pasalnya disamping perkembangan nya cukup pesat. Popularitas hama tikus selalu berada dimana - mana. Artinya baik lahan tehnis ataupun tadah hujan serangan hama tikus pasti ada. 


Untuk mengurangi serangan hama tikus, dinas pertanian kabupaten Grobogan bersama petani setempat selalu bekerjasama berupaya memberantas hama tersebut.


Seperti halnya yang dilakukan oleh kelompok tani ( poktan red) Ngudi Waluyo desa Mojorebo kecamatan Wirosari. Mereka tak kenal lelah dibantu Petugas Penyuluh Lapangan / PPL dan POPT selalu mendampingi petani melaksanakan Gerdal OPT Tikus mengawal pertanaman padi di lahan seluas 50 ha. Selasa (14/12/2021). 


Dengan menggunakan metode gerdal  pengemposan dengan basmikus, gropyokan dan sanitasi lingkungan cara ini lebih efektif. 

Hal tersebut dibenarkan oleh DR. Sunanto S ST MP selalu Plt Kepala Dinas Pertanian kabupaten Grobogan. 


Sunanto selalu memberikan himbauan kepada PPL agar program gerdal pengemposan bisa dilaksanakan ditempat manapun. Karena hal ini cukup efektif serta efisien baik waktu dan tenaga.