Pemkab Semarang Menerima Hibah Satu Unit Mobil Perpusling dari Perpusnas RI.

.

Pemkab Semarang Menerima Hibah Satu Unit Mobil Perpusling dari Perpusnas RI.

Rabu, 16 November 2022

 


UNGARAN, Bhayangkaraperdana.com - Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan Kabupaten Semarang, dengan tema " Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional."


Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menghibahkan satu unit mobil perpustakaan keliling (perpusling) kepada Pemkab Semarang.

 


Menurut Sekretaris Perpusnas RI Ofy Sofiana, bantuan itu untuk membantu membudayakan gemar membaca warga. Sekaligus menaikkan angka indeks literasi daerah. 


Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Ofy kepada Bupati Semarang H Ngesti Nugraha di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Kabupaten Semarang, Rabu (16/11/2022) Pagi.


Menurut Ofy, Perpusnas terus mendorong perluasan pelayanan perpustakaan. 


“ Mobil perpusling ini diharapkan dapat meningkatkan semangat membaca di kalangan masyarakat,” katanya.


Ditambahkan, saat ini paradigma perpustakaan telah berubah. Yakni pengelolaan berbasis inklusi sosial. Pembaca didorong untuk menerapkan pengetahuan hasil baca dalam kegiatan kreatif. Termasuk usaha ekonomi produktif yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup. Sampai dengan triwulan terakhir tahun 2022, sebanyak 3.420 perpustakaan berbagai kategori telah melaksanakan paradigma baru itu.


Bupati Semarang H Ngesti Nugraha mengatakan, menghargai dukungan Perpusnas menaikkan indeks literasi di Kabupaten Semarang. 


“ Saat ini indeks literasi Kabupaten Semarang berada di angka 62,5. Kami akan terus bekerja keras dengan dukungan Perpusnas untuk mencapai target indeks literasi 71,0 pada tahun 2024,” kata Bupati Semarang saat ditemui awak media.


Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Semarang, Hendy Lestari mengatakan, mobil perpusling dari Perpusnas akan memperkuat tiga unit armada yang telah ada. Setiap tahunnya, Perpusling itu mampu melayani 180 titik pelayanan yang diminta masyarakat.


Hendy menambahkan saat ini pihaknya memfasilitasi pengembangan ketrampilan warga dari hasil membaca bekerja sama dengan berbagai komunitas. Diantaranya komunitas pelukis, penari, pembuat kerajinan rajut dan lainnya.


” Kami juga bekerja sama dengan tim penggerak PKK untuk pelatihan membuat hantaran dari bunga, kudapan bahkan dari uang kertas,” terangnya.


Sampai saat ini, Perpusda Kabupaten Semarang memiliki koleksi 84 ribu eksemplar buku berbagai judul dan kategori. Selain itu ada 1.222 judul buku digital. (Arie B/foto: Eko)